Format Debat Keempat Seperti Debat Ketiga, Cak Imin Jadi Pemapar Pertama

debat cawapres
debat cawapres

JAKARTA, radarsampit.com – Debat keempat yang menampilkan para calon wakil presiden siap dihelat besok (21/1). Urutan paparan maupun tanya jawab akan dikembalikan seperti debat perdana.

Komisioner KPU August Mellaz menyampaikan, dengan dikembalikan ke urutan awal, Cak Imin atau Muhaimin Iskandar bakal menjadi pemapar pertama. ”Urutan untuk penyampaian visi dan misi akan dimulai dari paslon nomor urut 1,” ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, lanjut dia, Muhaimin bakal ditempatkan di podium tengah. ”Jadi, sesuai dengan rotasi,” katanya.

Dalam debat keempat, KPU akan mempertahankan semua format seperti debat ketiga lalu. Pembenahan hanya dilakukan di sektor ketertiban para pendukung.

Sejumlah kebijakan baru diambil seperti mengurangi jumlah pengawal pribadi calon hingga memperketat pengawasan dengan penguatan fungsi koordinasi. Nantinya perwakilan tim paslon duduk lebih dekat dengan pimpinan KPU dan dibekali handy talkie untuk komunikasi.

Baca Juga :  Ganjar: Dari Kandang Banteng Kita Akan Menangkan Pemilu

Sementara itu, para calon presiden (capres) terus bergerilya di akhir pekan. Capres nomor urut 1 Anies Baswedan berkunjung ke Pasar Tradisional TOS 3000 di Batam kemarin.

Dalam kesempatan itu, Anies mendapat aspirasi untuk menurunkan harga, khususnya kebutuhan pokok. ”Harganya bisa terjangkau lebih murah bagi warga yang membeli. Selain itu, petani, nelayan, dan peternak bisa mendapatkan harga jual lebih baik,” tuturnya.

Anies menilai, yang perlu dibenahi untuk mengatasinya adalah mengubah tata niaga. Tata niaga akan dibuat bebas dari praktik mafia.

Dalam kesempatan itu, Anies juga menyampaikan kepada para pedagang pasar bahwa program bansos bakal mengalami perubahan menjadi bansos plus. Jumlah besarnya akan mengalami peningkatan dan jangkauan bisa menyasar orang-orang penerima berhak yang belum masuk daftar.

Selain itu, ada pendampingan lebih intensif. ”Dengan begitu, bansos plus ini akan memberikan manfaat lebih besar dan membekali kegiatan wirausaha supaya bisa naik kelas secara ekonomi,” jelas Anies.



Pos terkait

Komentar ditutup.