Gerbang Kebun Dijebol, Buah Kelapa Sawit Warga Kobar Dijarah Maling

maling sawit
ilustrasi pencurian kelapa sawit

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pemilik kebun kelapa sawit di Jalan Ahmad Shaleh, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), belum lepas dari ancaman para pencuri kelapa sawit.

Kejadian pencurian menimpa Anjar, pemilik kebun di Jalan Ahmad Shaleh Kilometer 10. Dia kehilangan ratusan kilogram tandan buah segar kelapa sawit.

Bacaan Lainnya

Gerbang masuk kebunnya juga dirusak. Mirisnya, hingga saat ini penjarah sawit di jalan lintas kabupaten dan provinsi itu belum terungkap.

“Memang lagi apes, rupanya maling belum puas, kemarin atap pondok saya habis diambil, sekarang buah kelapa sawit dicuri. Gerbang jembatan masuk ke kebun juga dirusak,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk kedua kali dirinya diperdaya oleh pelaku, padahal setelah atap pondoknya habis dibongkar maling ia senantiasa mengamati area kebunnya untuk mengintai pelaku.

“Diintai berhari-hari, engga ada apa-apa. Sudah merasa aman, saya engga awasi. Eh ini malah buah kelapa sawit yang diambil,” imbuhnya.

Baca Juga :  Tahun 2023, DPRD dan Pemkab Kobar Hasilkan 9 Perda

Ia mengaku mengalami kerugian hingga jutaan rupiah, diperkirakan buah yang dicuri mencapai ratusan kilogram.

Ia berharap agar pemilik kebun mewaspadai aksi pencurian kelapa sawit, apalagi saat ini harga buah sawit per kilogramnya mencapai Rp2300 sampai Rp2500.

“Pelaku ini kayanya sudah survei dulu, karena paham buah sawit sudah saatnya dipanen, mungkin belum rezeki saya,” pungkasnya. (tyo/yit)

 



Pos terkait