Harga Bawang di Lamandau Melonjak Tinggi Jelang Iduladha

ilustrasi bawang
Ilustrasi bawang merah dan bawang putih/Jawa Pos

NANGA BULIK, radarsampit.com – Sejumlah harga bahan pangan mengalami kenaikan menjelang Iduladha atau Hari Raya Kurban.

Dari hasil survei harga yang dilakukan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Lamandau, hanya beberapa merek beras yang mengalami penurunan harga.

Bacaan Lainnya

“Beras merek Lembu dan Mangkok turun dari Rp.18.000/kg menjadi Rp.17.800/kg atau sekitar Rp 200 per kg-nya. Faktor pasokan atau pengiriman dari pulau Jawa sangat mempengaruhi harga,” kata Kabid Perdagangan DKUKMPP Lamandau, Ernila.

Ernila membeberkan, bahwa pihaknya melakukan survei harga bahan pokok di lapangan setiap minggunya, sehingga dapat diketahui apa saja barang yang mengalami kenaikan maupun penurunan harga.

Menurutnya hingga saat ini rata-rata harga barang masih stabil dengan pasokan yang cukup. Bahkan harga daging sapi juga masih stabil dalam beberapa bulan terakhir di kisaran Rp 160 ribu/kg.

Baca Juga :  Hari Ini 76 Desa di Kotim Laksanakan Pilkades Serentak

“Kalau daging ayam memang naik turun. Paling rendah bisa Rp 40 ribu dan paling tinggi 50 ribu per kg,” sebutnya.

Sementara itu, hampir semua jenis bawang-bawangan mengalami kenaikan harga. Bawang merah dari Rp.48.000/kg naik menjadi Rp.50.000/kg.

Bawang putih dari Rp.48.000/kg naik menjadi Rp.50.000/kg dan bawang bombai dari Rp.40.000/kg naik menjadi Rp.50.000/kg.

“Hampir semua bahan kebutuhan pokok berasal dari pulau Jawa. Sehingga pergerakan harga juga menyesuaikan dari sana (Jawa),” tandasnya. (mex/fm) 

 



Pos terkait