Hari Ini Kampanye Pilkades Serentak di Kobar Dimulai

defile pilkades
DEFILE: Para Calon Kepala Desa Amin Jaya, Kecamatan Pangkalan Banteng saat mengikuti defile sehari sebelum pelaksanaan kampanye pada Kamis (19/10/2023) (Slamet Harmoko/Radar Sampit)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Kotawaringin Barat makin dekat. Mulai besok (hari ini) selama tiga hari ratusan calon kepala desa dari 36 desa mulai diperbolehkan melakukan kampanye untuk menggaet suara pemilih hingga tanggal 22 Oktober nanti.

“Hari ini (kemarin) ada semacam konvoi atau kami sebut defile para calon kepala desa dengan berkeliling desa mereka untuk sosialisasi terkait pencalonan dan juga pengumuman kapan pelaksanaan pilkades,” kata Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kobar, Romhendi Mustafa, Kamis (19/10).

Bacaan Lainnya

Kemudian, lanjutnya tanggal 23 – 25 Oktober masuk masa tenang dan pencoblosan dilaksanakan pada Kamis (26/10). Ia juga mengatakan bahwa untuk pengiriman logistik pilkades serentak dari Pangkalan Bun ke masing-masing desa pelaksana akan berlangsung pada tanggal 22-24 Oktober.

Baca Juga :  Warga Kalteng Ini Selamat dari Tusukan Maut berkat Tali Bra

“Butuh waktu tiga hari karena tidak semua wilayah itu bisa dijangkau dan diselesaikan dalam sehari. Kita antisipasi bila ada kendala saat proses pengiriman. Namun kami berharap semua bisa berjalan lancar sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” katanya.

Sementara itu dari segi koordinasi pengamanan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Menindaklanjut dari arahan Pj Bupati pada saat hari ulang tahun TNI kemarin, beliau meminta agar masing-masing stekholder memperkuat deteksi dini guna mencegah kemungkinan yang akan terjadi pada beberapa kegiatan besar dimulai dari pilkades serentak kemudian pemilu dan pemilihan serentak Pilkada,” ucap Kaban Kesbangpol Kobar Edie Faganti.

Edie juga mengatkan, persiapan mungkin sudah dilaksanakan oleh rekan-rekan dari penyelenggara baik dari KPU maupun dari Bawaslu serta DPMD Kobar. “Kita hanya akan mengambil porsi kita di mana tentunya di situ ada poin kita menghadapi tantangan dan potensi permasalahan pada saat pelaksanaan Pemilukada dan Pilkades Serentak,” ujarnya.



Pos terkait