Hari Libur dan Cuti Bersama Juni 2024

liburan
Jadwal Libur dan Cuti Bersama

Radarsampit.com – Hari libur nasional dan cuti bersama bertebaran sepanjang Juni 2024 yang bisa dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga.

Memasuki Juni, masyarakat akan menyambut beberapa hari penting bersejarah seperti Hari Lahir Pancasila, Hari Bidan, dan Hari Donor Darah.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, umat Islam di Indonesia juga akan merayakan hari raya Iduladha 1445 H pada pertengahan bulan Juni. Lantas, kapan libur nasional dan cuti bersama Juni 2024?

Libur nasional dan cuti bersama Juni 2024 telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Terdapat dua tanggal merah dalam rangka hari libur nasional sepanjang Juni 2024.

Pemerintah juga menetapkan satu tanggal merah dalam rangka cuti bersama untuk merayakan hari besar keagamaan umat Islam. Berikut daftar hari libur nasional dan cuti bersama Juni 2024:

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Sebar 419 Hewan Kurban

Sabtu, 1 Juni 2024: Hari Lahir Pancasila

Senin, 17 Juni 2024: Hari raya Iduladha 1445 Hijriah

Selasa, 18 Juni 2024: Cuti bersama Iduladha 1445 Hijriah.

Mengingat libur nasional Iduladha dan cuti bersama jatuh secara beruntun pada Senin dan Selasa, masyarakat dapat memanfaatkannya sebagai libur panjang.

Para pegawai negeri sipil maupun swasta bisa menikmati libur hingga empat hari pada pekan ketiga Juni, mulai Sabtu (15/6/2024) hingga Selasa (18/6/2024).

Sebagai catatan, cuti bersama bagi aparatur sipil negara tidak mengurangi akumulasi cuti tahunan. Sementara bagi pegawai swasta, cuti bersama biasanya akan memotong jatah cuti tahunan atau disesuaikan dengan kebijakan perusahaan. (*)



Pos terkait