Penjelasan Kode Plat Kendaraan KB Kalimantan Barat (Kalbar) dan Daerah Asalnya

plat kalimantan barat

Radarsampit.com – Kalimantan Barat (Kalbar) memiliki plat kendaraan dengan kode KB yang digunakan oleh berbagai kota dan daerah di provinsi tersebut. Kode plat ini berlaku untuk semua jenis kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor.

Penggunaan plat Kalimantan Barat atau plat Kalbar dengan kode KB ini terdapat di beberapa kota dan kabupaten, termasuk diantaranya Pontianak, Singkawang, Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Ketapang, Kubu Raya, Landak, Melawi, Mempawah, Sambas, Sanggau, Sekadau, dan Sintang.

Setiap plat nomor kendaraan Kalimantan Barat atau plat Kalbar diikuti dengan huruf serial dibelakangnya. Seri huruf di belakang ini menunjukkan daerah asal kendaraan tersebut. Namun, belum banyak yang mengetahui asal daerah dari seri huruf tersebut.

Kalimantan Barat memiliki 14 kabupaten dan kota, masing-masing memiliki kode belakang yang berbeda-beda. Beberapa daerah bahkan memiliki lebih dari satu kode belakang.

Berikut adalah daftar kode plat nomor kendaraan Kalimantan Barat (Kalbar) beserta nama daerah asalnya:

KOTA/KABUPATENHURUF BELAKANGCONTOH
PotianakA/Q/S/WKB 5678 QR
SingkawangCKB 5678 CE
BengkayangKKB 5678 KI
Kapuas HuluFKB 5678 FH
Kayong UtaraZKB 5678 ZA
KetapangGKB 5678 GR
Kubu RayaMKB 5678 MT
LandakLKB 5678 LV
MelawiHKB 5678 HI
MempawahBKB 5678 BX
SambasPKB 5678 PQ
SanggauDKB 5678 DS
SekaduVKB 5678 VB
SintangEKB 5678 EY
Baca Juga :  Alasan Isi Pelumas Mobil Harus Pas Sesuai Ukuran

Dengan mengetahui kode plat nomor kendaraan Kalimantan Barat (Kalbar) beserta daerah asalnya, kita dapat mengidentifikasi dengan lebih akurat kendaraan yang melintas di jalan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang plat Kalimantan Barat dan daerah asal kendaraan dengan kode KB.(*)



Pos terkait