Keramaian Mudik Jalur Darat di Terminal Patih Rumbih Sampit

Perusahaan Angkutan Tambah Armada, Tetap Beroperasi saat Lebaran

angkutan bus
LAYANI PEMUDIK: Angkutan bus memaksimalkan armada untuk melayani pemudik Lebaran tahun ini. (HENY/RADAR SAMPIT)

Pergerakan arus mudik Lebaran di Terminal Patih Rumbih, Kota Sampit, mulai meningkat sejak awal April 2023. Bahkan, banyak calon penumpang memesan tiket keberangkatan jauh hari.

HENY-radarsampit, Sampit

Bacaan Lainnya

Suasana Terminal Patih Rumbih belakangan ini lebih ramai dibanding hari-hari biasa. Penyedia jasa angkutan penumpang bus dari Perusahaan Otobus (PO) Logos terlihat penuh penumpang untuk rute Sampit-Palangka Raya dan Sampit-Banjarmasin sejak  H-4 Lebaran, terhitung 18-20 April 2023.

”Angkutan penumpang bus mulai meningkat dari awal April 2023. Beberapa tanggal tertentu menjelang hari H Lebaran sudah full booking di tanggal 18-20 April. Paling banyak penumpang berangkat mudik rute Sampit-Palangka Raya dan Sampit-Banjarmasin,” kata Rio Ferry Advendo, Owner PO Logos Wilayah Sampit dan Palangka Raya melalui Fauzan Kepala Cabang PO Logos Sampit, Senin (10/4).

Pada momen arus mudik angkutan Lebaran 2023 ini, PO Logos menambah armada dari yang biasanya 3-4 yang beroperasi setiap hari, menjadi 5-6 armada. ”Saat Lebaran kami tetap beroperasi melayani penumpang dan mulai buka loket siang hari. Armada juga akan ditambah per 18 April 2023 nanti, yang biasanya dua armada melayani rute ke Palangka Raya dan dua armada ke Pangkalan Bun, ditambah lagi sesuai permintaan penumpang. Untuk penambahan unit armadanya belum ditetapkan, cuma sudah dipersiapkan rencananya,” katanya.

Baca Juga :  Stok Vaksin Covid-19 di Kotim Kosong

Untuk sementara, lanjutnya, empat armada yang beroperasi melayani tiga rute perjalanan lintas kabupaten dan lintas provinsi, yakni Sampit-Palangka Raya, Sampit-Pangkalan Bun, dan Sampit-Banjarmasin.

”Mulai 10 April ini sampai 30 April 2023, kami menaikkan tarif tiket penumpang bus untuk rute Sampit-Palangka Raya dan Sampit-Pangkalan Bun dari Rp110 ribu naik menjadi Rp125 ribu dan untuk rute Sampit-Banjarmasin dari Rp220 ribu naik menjadi Rp250 ribu per orang,” kata Fauzan.

PO Logos Sampit menyediakan tiga kelas bus, di antaranya Air Conditioner (AC) bisnis berkapasitas 43 kursi dengan jadwal keberangkatan pukul 21.00 WIB. Sedangkan kelas eksekutif berkapasitas 34 kursi dan kelas bus super eksekutif berkapasitas 28 kursi yang dijadwalkan berangkat  pukul 00.00 WIB.



Pos terkait