Keruk Drainase, Perbaiki Gorong-Gorong Jebol

keruk
PERBAIKAN: Penggalian gorong-gorong menggunakan alat berat yang mengakibatkan satu titik di Jalan Muchran Ali berlubang, Selasa (19/3/2024). (Istimewa)

SAMPIT, radarsampit.com – Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, Bina Konstruksi, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kotim melakukan normalisasi drainase di Jalan Ir Soekarno (jalur lingkar utara).

Hal itu dilakukan untuk meminimalisasi luapan air penyebab banjir di kawasan tersebut.

Bacaan Lainnya

”Pengerukan drainase sudah dikerjakan dari Jumat lalu. Sampai hari ini masih terus dilanjutkan,” kata Pengawas Teknis Jalan dan Jembatan UPTD Pemeliharaan Jalan, Drainase dan Pertamanan Suhardiyono, Selasa (19/3/2024).

Normalisasi saluran tersebut dikerjakan mulai pertigaan Jalan Pramuka pada sisi timur sepanjang 2 kilometer.

”Pekerjaan yang sudah ditangani 1.500 meter, masih sekitar 500 meter lagi yang terus dilanjutkan pengerukannya. Di titik ini rawan tergenang banjir ketika hujan, sehingga perlu segera ditangani. Insa Allah, minggu ini normalisasi sepanjang 2.000 meter selesai ditangani, menyesuaikan kondisi di lapangan,” katanya.

Baca Juga :  Karyawan Melompat Selamatkan Diri saat Ruko Tiga Lantai Terbakar

Di lokasi berbeda juga dikerjakan perbaikan Jalan Muchran Ali yang berlubang akibat gorong-gorong keropos yang mengakibtkan jalan berlubang dan jebol.

”Gorong-gorong ini terbuat dari pelat besi. Sudah puluhan tahun ditanam di bawah tanah. Karena sudah keropos, otomatis ketika dilalui kendaraan beban berat mengakibatkan jalan berlubang dan jebol,” ujarnya.

Jalan yang berlubang sepanjang 4 meter dengan lebar 2 meter. Kedalamannya 1,2 meter di dekat Depot Pertamina.

”Sebelumnya sudah dikerjakan masyarakat setempat. Gorong-gorong kami gali menggunakan alat berat, sehingga lubangnya bertambah besar. Rencananya akan dipasang boks pasangan batu belah yang dikerjakan menggunakan dana pemeliharaan,” ujarnya. (hgn/ign)



Pos terkait