Kuota Haji Indonesia Tambah 20 Ribu, Lansia Tetap Prioritas Kemenag

Tes Kesehatan CJH Dimulai November

layanan haji
LAYANAN JEMAAH: Jasa layanan dorong kursi roda untuk jamaah haji yang membutuhkan layanan di Masjidil Haram, Mekkah. (ANTARA/HO-MCH2022/am)

JAKARTA, radarsampit.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bergerak cepat untuk membahas tambahan kuota haji sebanyak 20 ribu orang. Tambahan itu datang lebih cepat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya disampaikan seusai penetapan biaya haji.

Yaqut bersyukur atas oleh-oleh dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Arab Saudi baru-baru ini. Tambahan itu diberikan sebagai salah satu hasil pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Pangeran Muhammad bin Salman. ”Ini kebahagiaan sekaligus tantangan,” ujarnya Sabtu (21/10/2023).

Bacaan Lainnya

Menurut dia, tambahan kuota itu akan berdampak pada menurunnya antrean berangkat haji. Seperti diketahui, berdasar data Kementerian Agama (Kemenag), saat ini estimasi masa tunggu haji paling lama di Indonesia mencapai 47 tahun. Iya, nyaris setengah abad. Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, menjadi daerah dengan masa tunggu paling lama tersebut.

Tetapi, lanjut dia, tambahan kuota juga menjadi tantangan tersendiri. ”Ini harus disiapkan lebih baik. Tidak mudah menyiapkan keberangkatan 241 ribu jemaah kalau ada tambahan 20 ribu,” tuturnya.

Baca Juga :  188 CJH Kotim Diberangkatkan Awal Juni

Terlebih, Saudi juga mengubah beberapa regulasi. Salah satunya soal penetapan lokasi khusus bagi jemaah haji asal negara tertentu di Arafah dan Mina.

Gus Men, sapaan akrab Menag, menyatakan telah menggelar rapat virtual dengan jajaran Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag. Dalam rapat itu, dia meminta seluruh jajaran Kemenag menyiapkan langkah seiring penambahan kuota haji. Dengan begitu, kuota bisa didistribusikan secara berkeadilan. Dia meminta pembagiannya tetap memprioritaskan lansia. Saat ini calon jemaah haji Indonesia (CJHI) lansia berjumlah sekitar 600 ribu. ”Saya ingin supaya mereka juga bisa menjadi prioritas,” ungkapnya.

Pada bagian lain, Kementerian Agama akan membuat skema baru terkait syarat istitha’ah kesehatan CJHI. Yaqut mengatakan, dirinya sudah berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin guna merumuskan  langkah terbaik untuk menjaga kesehatan jemaah haji. ”Kita sepakat istitha’ah akan menjadi syarat jemaah melakukan pelunasan,” tegasnya.



Pos terkait