Puluhan Rumah Warga Disiapkan untuk Penginapan Kafilah MTQ

mtq kotim
PERSIAPAN: Wabup Kotim Irawati beserta Camat Parenggean Siyono (kiri) meninjau lokasi kegiatan MTQ Kabupaten Kotim ke-54 tahun yang akan diselenggarakan di lapangan Kelurahan Parenggean pekan depan.  (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Sepekan lagi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Kotawaringin Timur yang ke-54 akan diselenggarakan di Kecamatan Parenggean. Sebagai tuan rumah, Camat Parenggean Siyono sudah mempersiapkan lokasi dan penginapan untuk para kafilah dan lain-lain.

”Persiapan sudah kami lakukan sejak setahun lalu, sekarang persiapan sudah 80 persen. Lokasi sudah disiapkan di lapangan baru di Kelurahan Parenggean, panggung utama juga sudah kami siapkan,” kata Siyono yang juga sebagai Ketua Panitia  Pelaksana MTQ Kabupaten Kotim ke-54.

Bacaan Lainnya

Selain lokasi dan panggung utama, lokasi penginapan untuk para kafilah dari 17 kecamatan juga sudah disiapkan. Rumah warga yang ditunjuk sebagai penginapan juga sudah terpasang spanduk dari masing-masing kecamatan.

“Camat di 17 kecamatan sudah melakukan pengecekkan lokasi penginapan di rumah warga yang sudah disiapkan. Bulan lalu Pak Bupati Kotim Halikinnor juga sudah meninjau. Bu Wabup juga sudah meninjau lokasi empat hari yang lalu,” kata Siyono.

Baca Juga :  Ngaku Kenal Pejabat, Makelar Perizinan Palsu Ini Raup Miliaran dari Pengusaha Tambang Kalteng

Siyono mengatakan, setiap kecamatan akan menerima subsidi bantuan sebesar Rp 2 juta dari panitia pelaksana untuk keperluan biaya listrik, snack, dan air.

“Penerangan di sekitar lokasi sudah disiapkan PLN dan sudah kami bayar, perbaikan infrastruktur juga sudah kami lakukan. Setiap kecamatan juga menerima subsidi Rp 2 juta, sehingga kecamatan hanya memikirkan konsumsi untuk para peserta saja,” katanya.

Pelaksanaan MTQ Kabupaten Kotim yang ke-54 tahun akan dibuka pada Sabtu, 28 Oktober 2023. Untuk meramaikan acara, panitia rencananya akan mendatangkan Qasidah asal Bandung bernama Ai Khadijah.

“Pembukaan akan dilaksanakan malam hari. Kegiatan MTQ dimulai 28 Oktober-1 November, selama lima hari,” kata Siyono.

Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kotim Sublianur mengatakan, ada sembilan cabang lomba yang digelar. Diantaranya cabang lomba seni baca quran yang terdiri dari golongan tartil anak, remaja, dan dewasa putra putri.

Kedua, cabang lomba qiraat sab’ah yang terdiri dari golongan mujawwad dewasa putra putri, muratal dewasa putra putrid dan muratal remaja putra putri.



Pos terkait