Lama Rusak, Jalan Kota Kuala Kurun Akhirnya Mulai Diperbaiki

jalan rusak gumas
DITINGKATKAN: Kondisi kerusakan di Jalan AIS Nasution yang berada di Kota Kuala Kurun, dan mulai diperbaiki. (ARHAM SAID/RADAR SAMPIT)

KUALA KURUN, radarsampit.com – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mulai melakukan peningkatan dan perbaikan jalan dalam Kota Kuala Kurun. Seperti Jalan AIS Nasution, Adonis Samad, Pierre Tandean III, jalan ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan beberapa jalan lainnya.

“Kalau untuk Jalan AIS Nasution, kami melakukan pengaspalan sepanjang 200 meter sampai melewati Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Penanganannya tidak bisa keseluruhan, mengingat keterbatasan anggaran,” ucap Kepala DPU Kabupaten Gumas Baryen, Jumat (15/9/2023).

Bacaan Lainnya

Kemudian di Jalan Adonis Samad lanjut dia, dilakukan peninggian badan jalan sehingga tidak tergenang air apabila hujan dengan intensitas tinggi. Sedangkan jalan Pierre Tandean III, dilakukan pengaspalan.”Kalau penanganan jalan menuju kantor disdukcapil, itu dibuat fungsional,” ujarnya.

Kemudian lanjut Baryen, juga dilakukan perbaikan rutin terhadap jalan dalam kota yang berlubang, seperti Jalan Yos Sudarso, Diponegoro, Brigjen Katamso, Jenderal Sudirman, dan beberapa jalan lain demi kelancaran lalu lintas masyarakat.

Baca Juga :  Pengurus Lama Dinonaktifkan, KNPI Kalteng Tunjuk Artha Pimpin KNPI Gumas

“Dalam peningkatan dan perbaikan jalan dalam kota tersebut, kami berharap pelaksanaan pekerjaan bisa berjalan lancar,” tuturnya.

Baryen menjelaskan, pada prinsipnya, pemerintah berkewajiban untuk melakukan pengendalian, memanfaatan, perbaikan dan pemeliharaan ruas jalan. Akan tetapi, dengan keterbatasan anggaran dan melihat skala prioritas, sehingga beberapa kondisi jalan yang ada mungkin tidak bisa tertangani secara maksimal.

“Semua butuh anggaran dan perencanaan yang terukur. Peningkatan dan perbaikan jalan dan jembatan di daerah ini dilakukan secara bertahap dan proporsional,” tandasnya. (arm/gus)



Pos terkait