Lebaran Selesai, Ternyata Masih Banyak Warga yang Mudik 

mudik kumai kapal DLU
Lima hari setelah Lebaran, Pelabuhan Panglima Utar Kumai masih dipenuhi  pemudik. Jumlah penumpang kapal tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang maupun Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya masih tinggi.

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Lima hari setelah Lebaran, Pelabuhan Panglima Utar Kumai masih dipenuhi  pemudik. Jumlah penumpang kapal tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang maupun Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya masih tinggi.

Berdasar data dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai,  hingga H + 5 atau 16 April 2024, jumlah penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Kumai sebanyak 2.694 orang, sedangkan datang sebanyak 1.773 penumpang. Jumlah pemudik secara keseluruhan yang sudah keluar Kobar hingga kemarin sebanyak 27.821 orang. Jumlah penumpang yang datang sejak H – 15 sampai H+ 5 berjumlah 6.671 penumpang.

Bacaan Lainnya

“Angkutan pascalebaran terhitung H + 1 sampai dengan H + 15 atau 26 April 2024. Jumlah kunjungan kapal sebanyak 21 kunjungan (call) dari dua operator kapal yakni PT. Pelni dan PT Dharma Lautan Utama.  PT Pelni  ada empat armada dengan jumlah sebanyak 10 call dan PT Dharma Lautan Utama ada tiga armada dengan jumlah 11 call,” beber Kepala KSOP Kelas IV Kumai Hary Suryanto, Selasa (16/4).

Baca Juga :  Lonjakan Covid-19 Tak Sebanding Pasien Sembuh

Ia bersyukur, kegiatan mudik di Pelabuhan Panglima Utar Kumai berjalan lancar. Pada puncak arus mudik,  tidak ada penumpang tertinggal karena semua operator kapal telah mempersiapkan armadanya sejak jauh hari.

Adapun jumlah kapasitas muatan semua armada yang disiapkan mulai H – 15 hingga H + 5 sebanyak 52.682 penumpang. Kapasitas normal sebesar 35.523 dengan dispensasi sebesar 17.159 penumpang.

Kepala PT Dharma Lautan Utama Cabang Kumai Agus Supriyanto mengatakan, jumlah penumpang yang turun di Pelabuhan Panglima Utar Kumai menggunakan PT Dharma Lautan Utama mulai H + 1 sampai dengan H + 5 berjumlah 1.029 penumpang, dan penumpang yang naik dari Pelabuhan Kumai sebanyak 1.230 penumpang.

“Sebagian besar penumpang baik yang turun maupun naik dari dan ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pada prinsipnya semua armada milik kami telah dipersiapkan untuk kegiatan mudik maupun arus balik ke Pelabuhan Panglima Utar Kumai,” ujar Agus Supriyanto. (sam/yit)

 



Pos terkait