Lembaga Keadatan Kecamatan Seranau Gelar Lokakarya Keadatan

society
LOKAKARYA KEADATAN : Kepala Zona Seranau PT. RMU Herwin Herkuni berfoto bersama unsur lembaga keadatan Seranau dan Pemerintah Kecamatan Seranau disela-sela kegiatan lokakarya keadatan di Aula Kantor Kecamatan Seranau, Selasa (12/12/2023). (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com  Lembaga Keadatan Kecamatan Seranau, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) membangun kolaborasi bersama PT. Rimba Makmur Utama (RMU) dengan menggelar lokakarya keadatan di Aula Kantor Kecamatan Seranau.

Kegiatan lokakarya ini dihadiri oleh unsur Forkopimcam Seranau, perwakilan DAD Kotim, Damang Seranau, DAD Kecamatan Seranau, para mantir desa dan kelurahan, perwakilan Batamad Kecamatan Seranau, perwakilan Kades dan Lurah Se-Kecamatan Seranau, tokoh masyarakat serta perwakilan manajemen PT. RMU.

Bacaan Lainnya

Kegiatan lokakarya keadatan mengusung tema, “Membangun Harmonisasi Kehidupan Manusia dengan Alam dan Lingkungan”. Selama sehari penuh, mulai pagi hingga sore, Selasa (12/12/2023) kegiatan diisi oleh tiga pemateri.

Materi pertama disampaikan oleh Burhanudin selaku Wakil Ketua I DAD Kotim berkaitan dengan tugas dan fungsi kelembagaan adat berdasarkan Perda dan konsesus lokal.

Materi kedua diisi oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) UNDAS Firm and Law berkaitan peran dan fungsi hukum adat dalam perlindungan ekosistem air dan dataran dan materi terakhir yang merupakan materi inti disampaikan oleh Kardinal Tarung yang berkaitan dengan prinsip kearifan lokal adat Dayak dalam menjaga harmonisasi hubungan manusia dengan alam dan lingkungan.

Baca Juga :  Politik Uang Paling Edan di Kalteng, Suara Pemilih Dihargai Rp1 Juta Per Orang

“Saya berharap melalui kegiatan lokakarya keadatan dapat menjadi bekal pengetahuan bagi unsur keadatan Se-Kecamatan Seranau,” kata Juliansyah, Camat Seranau melalui Sekcam Seranau Anas, Selasa (12/12).

Wakil Ketua I DAD Kotim Burhanudin sebagai pemateri juga merespons baik kegiatan lokakarya keadatan yang diselenggarakan di Kecamatan Seranau.

“Kami mengharapkan khususnya pihak DAD, damang, mantir dan batamad yang berada di wilayah Kecamatan Seranau setelah mengikuti lokakarya ini dapat mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing secara lebih jelas lagi, kami juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran manajemen PT. RMU yang telah memberikan dukungan dengan sepenuhnya sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik,” ucap Burhanudin.

Pada kesempatan yang sama, Kardinal Tarung selaku Ketua Forum Damang Se-Kalteng menyampaikan kegiatan lokakarya ini merupakan sinergitas yang sangat positif antara pihak diluar lembaga keadatan, dalam hal ini PT. RMU bersama Lembaga Kedamangan Kecamatan Seranau,



Pos terkait