Loket Disdukcapil Banyak Layani Keperluan KK

pelayanan dukcapil kotim
LAYANAN PUBLIK: Loket Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim)  di Mal Pelayanan Publik (MPP) Habaring Hurung Kotim. (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Loket Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim)  di Mal Pelayanan Publik (MPP) Habaring Hurung  banyak melayani keperluan pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) berupa kartu keluarga (KK).

Kepala Disdukcapil Kotim Agus Tripurna Tangkasiang mengatakan, pelayanan loket disdukcapil di MPP berjalan seperti biasa. Pada awal beroperasi, masyarakat kebanyakan bertanya tentang persyaratan pembuatan KK baru dan adminduk lainnya.

Bacaan Lainnya

“Awal-awal itu masyarakat banyak bertanya-tanya bagaimana mengurus KK baru, perubahan status di dalam kartu keluarga dan syarat-syarat pembuatan akta kelahiran. Setelah memasuki minggu kedua ini, rata-rata jenis pelayanan KK yang banyak diperlukan masyarakat di MPP,” ujarnya.

Hadirnya MPP Habaring Hurung  di tengah Kota Sampit memudahkan masyarakat mendapatkan layanan publik. Seperti hadirnya loket disdukcapil, masyarakat yang mengurus adminduk tidak perlu jauh-jauh mendatangi Kantor Disdukcapil yang berlokasi di Jalan HM Arsyad.

Baca Juga :  Perkara Narkoba Masih Urutan Pertama di Kotim, PN Sampit Prihatin

Jenis pelayanan disdukcapil di loket MPP antara lain pembuatan KK, perekaman KTP, cetak KTP, KIA, pindah datang, akta kelahiran, akta perkawinan, akta perceraian, dan akta kematian. Namun, cetak KTP untuk sementara masih mencetak KTP sementara, karena blangko KTP masih kosong.

“Blangko KTP masih kosong,  diperkirakan Februari 2023 tersedia,” ucapnya.

Terkait dengan jumlah blangko,  ditentukan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kewenangan pihak Ditjen Dukcapil Kemendagri yang menentukan jumlah keping blangko yang diperoleh atau diterima masing-masing daerah,” terangnya.

Pelayanan rutin di kantor disdukcapil dan loket disdukcapil di MPP Habaring Hurung berjalan normal. Sedang untuk kegiatan jemput bola dijadwalkan pertengahan  Februari mendatang. (yn/yit)

Pos terkait