Maksimalkan Pencegahan Karhutla di Petuk Katimpun

society 2
KOMPAK : MPA Kelurahan Petuk Katimpun bersama Babinsa dan Babinkamtibmas berfoto bersama usai Sarasehan, Jumat (23/6).

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Masyarakat Peduli Api (MPA) di Kelurahan Petuk Katimpun Kota Palangka Raya, terus memperkuat kesiapan dan berbagai infrastruktur pendukung terkait pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya Dorius mengatakan, mematangkan kesiapan dari seluruh kelurahan di wilayah ini adalah hal wajib, berdasarkan instruksi kepala daerah setelah ditetapkan status siaga darurat karhutla beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

“Intinya pencegahan dari lingkungan paling kecil, sehingga masyarakat di tiap kelurahan yang tergabung menjadi relawan MPA terus kita dorong kesiapan mencegah bencana ini,” katanya usai Sarasehan Mitigasi Karhutla 2023, Jumat (23/6).

Dorius juga mengatakan, \Kelurahan Petuk Katimpun menjadi salah satu daerah yang paling serius diperhatikan pemerintah. Sebab pada tahun-tahun sebelumnya kejadian karhutla di kelurahan ini paling banyak dibandingkan wilayah lain di Kota Palangka Raya.

Baca Juga :  Klub Malam Wajib Tutup Selama Ramadan, Tapi Tempat Karaoke Non Beralkohol Diperbolehkan Buka

“Yang paling diutamakan itu adalah pencegahan, sehingga dari BPBD juga terus memberikan pembekalan kepada masyarakat relawan peduli api, khususnya di Kelurahan Petuk Katimpun,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Manggala Agni Daops I Palangka Raya Idiansyah  menyampaikan terima kasih kepada pihak Polda Kalteng yang memberi dukungan sarana dan prasarana kepada MPA dan TSAK di tiap daerah, khususnya pada wilayah kelurahan.

Menurutnya dukungan tersebut akan mendukung optimalisasi tim patroli di lapangan, sehingga upaya pencegahan karhutla di seluruh wilayah Kota Palangka Raya diharapkan lebih maksimal lagi.

“Yang pasti pencegahan karhutla inikan harus melibatkan semua pihak, sampai masyarakat di daerah terkecil pun yang terlibat. Jadi dukungan dari Polda Kalteng patut kita apresiasi,” ungkap Idiansyah.

Ia menambahkan, pencegahan karhutla ini bukan hal baru bagi seluruh relawan. Sehingga dirinya yakin dengan pengalaman ditambah lagi dukung sarana dan prasarana dari berbagai pihak, maka upaya pencegahan tahun ini akan lebih maksimal.



Pos terkait