Maling Kotak Amal Berkeliaran di Kuala Pembuang

kotak amal
TANPA CCTV: Pengurus Musala Adz-Dzikra Jalan DI Panjaitan Kelurahan Kuala Pembuang II, menunjukkan pintu yang diduga jalan masuk pencuri kotak amal. (M.Rifani/Radar Sampit)

KUALA PEMBUANG, radarsampit.com – Warga Kota Kuala Pembuang diresahkan maraknya spesialis maling kotak amal di rumah ibadah. Seperti baru-baru tadi, aksi pelaku kejahatan itu menyasar Musala Adz-Dzikra Jalan DI Panjaitan Kelurahan Kuala Pembuang II, Kamis (9/5/2024) pagi.

Menurut pengakuan pengurus musala Ahmad Mujiyono, kejadian tersebut baru diketahui saat pihaknya hendak melaksanakan kegiatan Salat Zuhur berjamaah. Ia memperkirakan kejadian itu terjadi pagi, ketika suasana sedang sepi.

Bacaan Lainnya

Diungkapkannya pula, berdasarkan pengakuan warga sekitar musala, diduga ada 3 orang remaja yang mondar-mandir di area sekitar dengan mengunakan kaos dan ransel sebelum kejadian. Kemudian mereka masuk melalui pintu samping yang memang pada saat itu tidak terkunci oleh pengurus musala.

“Diduga maling kotak amal ini merusaknya dengan peralatan sejenis palu, pasalnya kunci gembok yang ada telah dihancurkan,” ujar Mujiyono.

Menurutnya, terkait raibnya uang di dalam kotak amal tersebut,  tidak diketahui persis berapa jumlahnya. Namun, diperkirakan uang tersebut berkisar 1 juta rupiah sampai 1,5 juta rupiah. Uang di dalam kota itu

Baca Juga :  Tak Takut Diazab, Pencuri Kuras Kotak Amal Masjid Jami

adalah uang rutinan yang disumbangkan jemaah yang sering dipergunakan untuk keperluan dan kegiatan ibadah di musala tersebut.

Namun, sampai saat ini dirinya dan pengurus lain belum melaporkan pencurian itu kepada pihak yang berwajib. “Tetapi kami berharap aparat penegak hukum terus melakukan patroli rutin ke tempat ibadah, pasalnya musala kami sudah sering terjadi kejadian serupa,” tandas Mujiyono. (rdw/gus)



Pos terkait