Manfaat Minum Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

manfaat teh hitam

Radarsampit.com – Teh hitam memang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, perlu dipahami bahwa tidak semua orang bisa mengonsumsinya, terutama bagi mereka yang menderita anemia atau kekurangan zat besi.

Menurut Maitry Gala, seorang terapis nutrisi senior di Rumah Sakit Fortis, Mulund, Mumbai, penderita anemia sebaiknya mengonsumsi teh hitam dengan jumlah yang terbatas. Ada tanin dalam teh hitam yang berikatan dengan zat besi nabati dan dapat menghambat penyerapannya di saluran pencernaan. Ini juga dapat memperburuk refluks asam yang sudah ada sebelumnya atau menyebabkan masalah pada jantung.

Namun, bagi mereka yang tidak memiliki riwayat penyakit tertentu, minum teh hitam dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan yang penting. Berikut adalah 3 manfaat minum teh hitam:

  1. Meningkatkan kesehatan usus

Teh hitam kaya akan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi stres oksidatif dan risiko penyakit kronis. Polifenol juga memiliki sifat antimikroba yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 

  1. Menurunkan kolesterol

Katekin dan theaflavin yang terdapat dalam teh hitam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga :  Eyebost: Vitamin Mata Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

 

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Flavonoid dalam teh hitam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah, yang pada akhirnya dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Meskipun teh hitam memiliki manfaat yang signifikan, tetap penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsinya, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang spesifik seperti anemia.(*)



Pos terkait