Meriahnya Pawai Tanglong Sambut 1 Muharram di Pangkalan Bun

open utama kotawaringin
MERIAH: Pawai tanglong menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1445 di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat berlangsung meriah, Selasa (18/7/2023). (Istimewa/Radar Sampit)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), turut menyambut kedatangan tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, dengan menggelar pawai Tanglong atau pawai obor, Selasa (18/7) malam.

Peserta pawai yang mengambil start dari simpang tiga jam Korindo, Kelurahan Mendawai tersebut sudah dinanti masyarakat yang memenuhi sepanjang Jalan Pangeran Antasari, Pangkalan Bun.

Bacaan Lainnya

Terlebih di depan panggung kehormatan yang dibangun di depan rumah jabatan bupati, masyarakat tumpah ruah menyaksikan dari tepi jalan.

Pawai Tanglong yang dilepas Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa itu diikuti berbagai lapisan masyarakat, remaja masjid, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Diramaikan pula dengan berbagai ornamen lampion dan obor serta kendaraan hias semakin menambah semarak perayaan tahun baru Islam di Kota Pangkalan Bun. Mereka berjalan bersama menyusuri jalur yang telah ditentukan dengan penuh kegembiraan dan semangat.

Baca Juga :  Pemadaman Listrik Picu Peningkatan Hunian Hotel Di Pangkalan Bun

Pj Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa menyampaikan selamat menyambut tahun baru Islam dan berharap agar momentum ini dapat memberikan inspirasi bagi warga Kobar untuk meningkatkan kualitas diri menuju arah yang lebih baik.

“Pada bulan ini, kita mengenang peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW. Bukan sekedar berpindah tempat, tetapi lebih besar dari itu, yaitu perubahan masyarakat dari jahiliyah menuju masyarakat yang Islami,” ujarnya.

Diharapkannya melalui kegiatan semacam ini, budaya dan nilai-nilai Islami dapat terus dijunjung tinggi dan diwariskan kepada generasi mendatang. Selain itu, semangat kebersamaan dan toleransi antarwarga juga diharapkan dapat terus ditingkatkan dalam membangun masyarakat yang lebih harmonis dan sejahtera.

“Semoga momentum tahun baru Islam ini menjadi titik awal bagi masyarakat Kotawaringin Barat, untuk terus meningkatkan kualitas diri dan berkontribusi positif dalam memajukan daerah serta negara. Selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah,”pungkas Budi. (tyo/gus)

 



Pos terkait