Meriahnya Perayaan Iduladha di Kotawaringin Timur

Ada Pawai Obor hingga Takbiran Keliling  

1 utama
BERFOTO BERSAMA :  Bupati Kotim Halikinnor melepas peserta yang mengikuti pawai takbiran di depan Rujab Bupati Kotim, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Rabu (28/6/2023) malam. Sementara itu Kecamatan Baamang juga mengadakan kegiatan Pawai Obor. (Heny/Radar Sampit)

Radarsampit.com – Ada dua pawai di Kota Sampit pada Rabu (28/6) malam. Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar pawai takbiran keliling menggunakan mobil hias. Sementara Gerakan Pramuka Kwarran Baamang menggelar pawai obor dengan berjalan kaki.

Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melepas puluhan kendaraan yang ikut pawai takbiran mengelilingi Kota Sampit, Rabu (28/6) malam. Selepas waktu isya, kendaraan roda empat yang dihias maupun tanpa hiasan berkumpul. Mereka membawa alat pengeras suara untuk menggemakan takbir menyambut hari raya Iduladha di depan Rumah Jabatan Bupati Kotim, Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Bacaan Lainnya

“Seperti biasa, Lebaran Idulfitri ataupun Lebaran Iduladha, kita rutin mengadakan pawai takbiran, pawai ta’aruf. Laporan dari Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kotim ada 90 kendaraan yang mengikuti pawai,” kata Halikinnor.

Pawai takbiran digelar untuk menyambut Lebaran Iduladha 1444 Hijriah.  Iduladha jadi momentum yang tepat untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Bupati mengajak masyarakat agar bersikap toleransi, tolong menolong, dan memberikan pengorbanan untuk saudara yang membutuhkan pertolongan.

Baca Juga :  Akhirnya, Instansi Ini Resmi Beraktivitas di Mal Pelayanan Publik Kotim

1 utama

Dalam kesempatan itu, Halikinnor juga berharap menjelang Pemilu 2024, masyarakat Kotim dapat menggunakan hak pilihnya dan tetap menghormati dan menghargai setiap perbedaan. “Harapan saya Lebaran Iduladha ini, pelaksanaan Pemilu yang tidak akan lama lagi diselenggarakan di tahun 2024 berjalan aman, lancar dan kondusif,” tutupnya.

Di lain tempat, Kecamatan Baamang juga mengadakan kegiatan Pawai Obor yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Baamang yang diketuai Dadang H Syamsu. Untuk mendukung kegiatan tersebut, pihaknya menyediakan uang Rp 10 juta bagi peserta dengan penampilan terbaik.

“Pawai obor sudah menjadi agenda rutin yang diadakan Kwarran Baamang setiap malam takbiran menyambut Lebaran Idulfitri maupun Iduladha. Ini sudah kesepuluhkalinya diselenggarakan di Kecamatan Baamang. Pesertanya juga tidak hanya membawa obor tetapi juga membawa atribut lain menunjukkan penampilan terbaiknya,” pungkas Sufiansyah, Camat Baamang. (hgn/yit)



Pos terkait