Ngeri!!! Jalanan Tergenang, Ular Menyerbu Permukiman

banjir palangkaraya
BANJIR: Sejumlah pengendara melintas di Jalan Beliang yang tergenang air. Insert petugas Damkar menangkap seekor ular masuk pekarangan rumah warga saat genangan air terjadi di Jalan Lawu, Palangkaraya. (DODI/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Hujan yang terjadi sejak dini hari hingga siang di Palangka Raya, menimbulkan genangan air di sejumlah titik. Di sisi lain, satwa liar seperti ular, ada yang sampai masuk ke permukiman warga.

Banjir merendam sejumlah ruas jalan, seperti Jalan Yos Sudarso, Temanggung Tilung, Krakatau, dan lainnya, Rabu (21/2/2024). Di Jalan Beliang, sejumlah pengendara motor terpaksa berbalik arah lantaran rendaman banjir di ruas tersebut menimbulkan arus deras.

Bacaan Lainnya

Hendro, seorang warga mengatakan, Jalan Beliang memang langganan genangan air jika hujan lebat melanda beberapa jam. Bahkan, sejumlah rumah di sekitar jalan tersebut bisa ikut terendam. Namun, dalam beberapa jam air cepat surut kembali.

Rini, pengendara motor mengatakan, terpaksa berputar arah lantaran saat itu arusnya deras. Dia khawatir celaka saat melintas.”Putar balik, takut jatuh. Airnya dalam dan arusnya deras,” ucapnya.

Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu mengatakan, pemerintah bersama masyarakat terus berupaya mengatasi banjir dadakan saat musim penghujan. Pemkot Palangka Raya menggelar kerja bakti dengan melibatkan seluruh perangkat daerah.

Baca Juga :  Video Tubuh Mulus Jadi Alat Memeras

”Kerja bakti akan difokuskan pada beberapa wilayah strategis di Palangka Raya. Wilayah yang menjadi sasaran utama kerja bakti, antara lain Jalan Pangeran Diponegoro ujung, Jalan Nyai Balau, simpang empat Jalan Karet, simpang empat Jalan Junjung Buih, dan Bundaran Seth Adji menuju Jalan Adonis Samad,” katanya.

Menurutnya, masalah genangan air tersebut sering kali disebabkan tumpukan sampah dan sedimen yang menghalangi aliran air di saluran drainase.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya Balap Sipet mengimbau masyarakat agar tetap waspada. Terutama para pengguna jalan yang masih lalu lalang saat hujan lebat disertai angin kencang.

Pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap kondisi cuaca dan potensi bencana yang mungkin terjadi akibat cuaca ekstrem ini.

”Kami terus memantau perkembangan cuaca dan siaga terhadap potensi bencana yang bisa terjadi akibat cuaca buruk ini. Kami juga siap memberikan bantuan jika terjadi kedaruratan,” katanya.



Pos terkait