Optimis Garuda Muda Mampu Mencapai Final Piala Asia U23

Indonesia U23 vs Uzbekistan U23

timnas indonesia
Timnas Indonesia U23

Radarsampit.com – Indonesia U23 dan Uzbekistan U23 tinggal selangkah menuju Olimpiade Paris 2024. Hanya ada 3 tim Piala Asia U23 2024 yang akan otomatis lolos ke Olimpiade, sedangkan 1 tim lain harus melewati playoff melawan wakil Afrika terlebih dulu. Praktis, pemenang semifinal dipastikan tampil di Olimpiade 2024.

Tantangannya, Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB  dihadapkan dengan Uzbekistan yang punya rekor belum pernah kebobolan sejak laga pertama, serta sudah mencetak 12 gol. Selain itu, Serigala Putih juga mencatatkan rekor 100 persen kemenangan.

Bacaan Lainnya

Hingga saat ini, Uzbekistan merupakan satu-satunya semifinalis AFC U23 2024 yang selalu menang sejak laga perdana. Di partai terakhir, Serigala Putih menyingkirkan sang juara bertahan Arab Saudi.

Uzbekistan punya pengalaman apik di gelaran Piala Asia U23. Mereka menjuarai turnamen ini 2018 silam dan menjadi runner-up 2022. Sayangnya, kedua edisi itu kebetulan tak menjadi kualifikasi menuju Olimpiade.

Baca Juga :  Menguji Mental Juara Timnas Indonesia di Piala AFF U23

Terlepas dari hal itu, pelatih Indonesia U23 Shin Tae-yong sebelumnya menyatakan keyakinannya atas skuadnya saat ini. Mantan pelatih Timnas Korsel itu meyakini jika Garuda Muda saat ini layak masuk final, bahkan meraih gelar.

“Saya tidak bisa mengatakan bahwa kami tak bisa memenangkan kejuaraan. Jelas, kami bisa mencapai final. Hal itu memberi kami kepercayaan diri dan kami mampu mencapai empat besar,” kata Shin dilansir dari laman PSSI.

Dikutip dari laman resmi AFC, Shin Tae-yong juga optimis timnya bisa mengalahkan semua tim di Asia, termasuk Uzbekistan U23. Dia pun menegaskan kualitas pemainnya tidak kalah dengan tim lain.

Menurutnya kepercayaan diri menjadi salah satu faktor penting yang membawa Timnas Indonesia U23 mampu melaju hingga ke semifinal. Dia pun menginginkan mentalitas yang sama ditunjukkan di 2 laga sisa Piala Asia U23 2024.

“Saya mengatakan kepada anak-anak untuk mempercayai saya dan mengikuti instruksi saya dan bersama-sama kami bisa mencapai final. Saya pikir kepercayaan diri yang saya berikan kepada para pemainlah yang telah membawa kami sejauh ini,” kata Shin Tae-yong.



Pos terkait