Optimis Raih Medali, Atlet Kalteng Bela Diri Sambo Tingkatkan Porsi Latihan

atlet sambo
LATIHAN: Dua atlet putra lolos babak kualifikasi (BK) PON pada rangkaian pertandingan cabang olahraga sambo pada Indonesia Martial Art Games (IMAG) 2023 pada Jumat 27 Oktober sampai dengan 29 Oktober 2023 di GOR Pajajaran Kota Bogor atlet Kalteng mendapat medali perunggu.

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Ketua Umum Persatuan Sambo Indonesia (Kalteng Persambi) Kalteng, Kamiar menyampaikan, dua atlet putra lolos babak kualifikasi PON setelah mendapat medali perunggu pada rangkaian pertandingan cabang olahraga sambo pada Indonesia Martial Art Games (IMAG) 2023 pada Jumat 27 Oktober sampai dengan 29 Oktober 2023 di GOR Pajajaran Kota Bogor.

“Saya sampaikan walaupun baru bergabung di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalteng tapi bukan halangan tidak berprestasi. Siap meriah medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 menjadi tekad bagi cabang olahraga bela diri Sambom” ujarnya, Jumat (31/5/2024).

Bacaan Lainnya

Pengprov Persabi juga mengajak masyarakat Kalteng terutama berdomisili Palangka Raya yang hobi bela diri bisa bergabung dengan cabor beladiri sambo.

Tapi dengan syarat menguasai paling tidak satu keahlian cabor apakah karate , taekwondo dan lainnya. Sehingga pelatih bisa menambahkan melengkapi dengan ilmu gulat mahir dalam bantingan dan kuncian bawah.

Baca Juga :  Mabuk Berat, Pemuda Madesu Ini Tergeletak di Pinggir Jalan

Lanjutnya, dua atlet sambo mendapat pelatihan dua atlet Sparing Renaldi Saputra dan Sensin Kenderi pelatih silat . Sekarang ini, program utama dalam pelatihan provinsi (Pelatprov) KONI Kalteng, adalah tendangan lurus juga bantingan serta kuncian.

Lanjut Kamiar mantan atlet gulat, seorang atlet harus menguasai satu cabang bela diri. Atlet PON .lagi dilatih harus bisa tendangan lurus agar lawan goyah setelah baru disergap dibanting lalu dikunci.

“Kami Pengurus Provinsi (Pengprov) Persambi berserta official lagi mencari aula agar atlet bisa latihan malam dalam Pelatprov.Sebenarnya atlet enaknya latihan malam , selain tenang sunyi maka apa diajarkan bisa cepat dipahami,” tuturnya.

Ia menambahkan, Lawan paling berat, Jawa Timur, DKI Jakarta dan Sumatera Utara , karena saat ini masih menjadi kiblat cabor Sambo

” Atlet Florentino Balun besic olahraga gulat dan Abdul Khair seorang pesilat. Keduanya dipadukan dalam latihan agar memiliki kemampuan baik silat maupun gulat. Kita coba pertahankan medali perunggu sambil melihat lawan di PON dalam satu grup ketemu provinsi mana,” pungkasnya. (daq)



Pos terkait