Pemko Palangka Raya Jalin Sinergitas dengan Ditjen Perbendaharaan

Kementrian Keuangan RI
KOORDINASI : Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin menerima audiensi dengan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalimantan Tengah, Hari Utomo dan jajarannya, di Rumah Jabatan Wali Kota Palangka Raya, dna membahas realisasi DAK untuk program fisik, Senin (29/3).(ISTIMEWA HUMAS PROTOKOL)

PALANGKA RAYA –Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin,  telah menerima audiensi dengan Kepala Kanwil Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan (DJPb) Kementrian Keuangan RI untuk Provinsi Kalimantan Tengah Hari Utomo,  di rumah jabatannya, Senin (29/3). Audiensi tersebut merupakan koordinasi, sebagai wujud menjalin silaturahmi sekaligus meningkatkan kerja sama dan sinergitas dalam mendukung pembangunan Kota Palangka Raya semakin maju. Termasuk, mensinergikan visi dan misi wali kota, serta demi mewujudkan pemerintahan yang baik.

Pertemuan tersebut juga membahas penekanan dan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui realokasi belanja produktif dan penguatan program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Selain itu membahas realiasi Dana Alokasi Khusus (DAK) program fisik tahun anggaran 2021.

Bacaan Lainnya

Fairid Naparin pada kesempatan itu pun menyambut baik dan sangat mendukung, serta mendorong Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di bawahnya untuk mengelola DAK tersebut, dengan segera merealisasikannya, terhadap kegiatan yang sudah dianggarkan.

Baca Juga :  Beraksi di Bulan Ramadan, Pengedar Sabu Dibekuk Tanpa Perlawanan

”Semoga dengan langkah tersebut semua pihak mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, dengan menargetkan optimisme pertumbuhan positif. Meskipun tak bisa dipungkiri,  dampak pandemi Covid-19 membuat pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi,” ujarnya.

Fairid juga menyampaikan, dengan pengelolaan DAK diharapkan mampu mendorong pertumbuhan dan pemerataan pembangunan. Sehingga dapat mengurangi ketimpangan pembangunan dengan memprioritaskan daerah-daerah yang infrastrukturnya kurang memadai.

Dia  menambahkan, dengan pertemuan tersebut diharapkan dapat memperkuat sinergi antara Kanwil DJPb Kalteng dalam mengawal dan mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),  khususnya di Kota Palangka Raya.Terlebih, saat ini pemkot terus berupaya mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan.

”Pertemuan itu bentuk berkomitmen untuk terus menjaga akuntabilitas dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku,  dalam menjalankan pengelolaan APBN maupun APBD.Semoga kedepan lebih baik,”tandas Fairid.   Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kepala KPPN Kota Palangka Raya, Kabid Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Kanwil DJPb Provinsi Kalteng beserta jajarannya.(daq/gus)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *