Pemkot Palangkaraya Terus Tingkatkan Kesejahteraan Guru Demi Peningkatan Mutu Pendidikan 

disdik palangkaraya
SAMBUTAN: Penjabat Walikota Palangkaraya Hera Nugrahayu berupaya memperjuangkan peningkatan kesejahteraan para tenaga pendidik di lingkup Dinas Pendidikan setempat. (istimewa)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Pemerintah Kota Palangkaraya terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas dunia pendidikan. Salah satunya berupaya memperjuangkan peningkatan kesejahteraan para tenaga pendidik/guru di lingkup Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangkaraya.

Walikota Palangkaraya Hera Nugrahayu menyatakan, tidak bisa dipungkiri bahwa peran guru sangat vital dalam meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh wilayah kota. Baik tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di bawah Disidik setempat. Hal ini juga diiringi meningkatkan pendidikan dan kompetensi sumber daya manusia.

Bacaan Lainnya

“Pemerintah  berkomitmen untuk memperjuangkan peningkatan kesejahteraan para guru di daerah setempat. Kami akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan guru, baik yang PNS maupun non-PNS, melalui berbagai program dan kebijakan,” ujarnya, kemarin.

Hera  menilai, kesejahteraan adalah hal penting bagi guru, sebab dengan kesejahteraan yang memadai dapat diharapkan banyak pada guru dalam meningkatkan mutu proses belajar mengajarnya. “Kami berharap dapat meningkatkan kesejahteraan dengan cara meningkatkan kompetensi dan kualitas diri, melalui pendidikan formal maupun informal sebagai pendidik,” tuturnya.

Baca Juga :  Ditinggal Mudik, Rumah Sewaan di Palangkaraya Hangus Terbakar

Dikatakannya pula, peningkatan kompetensi memungkinkan guru untuk memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang mata pelajaran yang mereka ajarkan. Mereka pun  dapat mengembangkan keahlian sesuai bidang sehingga dapat memberikan pengajaran yang lebih bermutu dan menyenangkan bagi murid.

“Seorang pendidik  harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Untuk menjadi pendidik yang berkompeten dan berkualitas dibutuhkan keempat kompetensi pendidik tersebut,” papar Hera.

Pemkot lanjutnya, juga selalu meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, dan sinergi tenaga pendidik, baik untuk, SD TK dan PAUD maupun SMP. Dirinya pun sangat mengapresiasi kontribusi guru dalam mencerdaskan dan membentuk karakter generasi muda Palangkaraya.



Pos terkait