Pemudik Sampit Mulai Bergerak, Pelni Tambah Armada

kapal kelimutu
PEMELIHARAAN: Kapal Kelimutu sedang dalam pemeliharaan. (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Menyambut angkutan arus mudik Lebaran, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Kota Sampit akan menambah armada menjadi tiga kapal yang siap melayani pemudik dari Pelabuhan Sampit menuju Jawa. Apalagi saat ini pemudik sudah mulai terlihat di Pelabuhan Sampit.

”KM Kelimutu rutin berlayar menuju lintasan Sampit-Semarang dan Sampit-Surabaya. Nanti, dalam waktu ini ada tambahan dua kapal lagi, yaitu KM Lawit dan KM Leuser yang siap melayani angkutan mudik Lebaran 2023,” kata Edwin Kurniansyah, Kepala PT Pelni Cabang Sampit, Selasa (28/3).

Bacaan Lainnya
Gowes

Untuk menjamin keamanan dan keselamatan calon penumpang, pihaknya sedang melakukan docking (pemeliharaan atau perawatan kapal). ”Sejak minggu kedua Maret, KM Leuser dan Kelimutu masih menjalani pemeliharaan dan perawatan kapal. Untuk KM Lawit sudah lebih dulu dilakukan pemeliharaan. Mudah-mudahan awal April ini bisa beroperasi melayani angkutan mudik Lebaran,” katanya.

Baca Juga :  Tercekik Menjamurnya Retail Modern, Pedagang Ungkap Pelanggaran, Pemkab Minta Bukti

Pada persiapan arus mudik Lebaran, PT Pelni telah menyediakan layanan keberangkatan mulai H-15 sebanyak 4 call. Jumlah keberangkatan ini lebih sedikit dibandingkan angkutan Lebaran pada 2022 yang berjumlah 11 call.

Rute Sampit – Surabaya dijadwalkan berangkat menggunakan KM Kelimutu pada 12 April 2023 dan tiga call keberangkatan lainnya rute Sampit-Semarang dijadwalkan berangkat pada 14 April 2023 menggunakan KM Lawit. Kemudian, 18 April 2023 menggunakan KM Leuser dan 20 April menggunakan KM Kelimutu.

Sementara itu, khusus untuk KM Lawit yang sudah lebih dulu menjalani pemeliharaan kapal, dijadwalkan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada 13 April 2023 pukul 15.00 WIB dan dijadwalkan tiba di Pelabuhan Sampit pada 14 April 2023 pukul 10.00 WIB.

”Pergerakan penumpang mulai ada peningkatan. Sejak awal puasa sudah banyak calon penumpang yang menanyakan jadwal keberangkatan. Tetapi, biasanya calon penumpang banyak yang memilih berangkat menjelang Lebaran. Seperti pada keberangkatan 14 April 2023 rute Sampit-Semarang menggunakan KM Lawit, sudah ada lebih dari 800 calon penumpang yang booking tiket,” katanya.



Pos terkait