Peringati Hari Pers Nasional ke-78 PWI Kegiatan Donor, 92 Kantong Darah Terkumpul

pwi kalteng
DONOR DARAH  :  Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-78, PWI Kalteng menggelar kegiatan donor darah, Jumat (9/2/2024). (DODI/RADAR PALANGKA)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Sebanyak 92 kantong darah dari berbagai golongan darah berhasil terkumpul dalam kegiatan sosial Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama mitra dan organisasi konstituen Dewan Pers.

Kegiatan dilaksanakan di Kantor PWI Kalteng dan  merupakan rangkaian dari momentum memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-78, Jumat (9/2/2024).

Bacaan Lainnya

Para pendonor tidak hanya dari kalangan jurnalis, tetapi juga masyarakat umum, personel TNI, Polri hingga ulama. Antusias pendonor cukup tinggi, bahkan mereka yang berdonor darah juga dibagikan paket sembako.

Tidak hanya itu, pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan zoom meeting dengan PWI pusat dalam rangka peringatan HUT ke-78 PWI dan HPN yang dipimpin oleh Ketua PWI Hendry CH Bangun.

Ketua PWI Kalteng M Zainal menyampaikan kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian insan pers di Kalteng bersama para mitra terhadap sesama yang membutuhkan darah. Sebab setetes darah yang didonorkan, akan sangat membantu bagi kehidupan sesama.

“Kegiatan ini juga untuk membantu PMI, dalam mengatasi kekurangan stok darah bagi sesama. Terlebih berdasarkan informasi yang disampaikan PMI, setiap bulannya PMI membutuhkan sekitar 3000 kantong darah. Paling tidak melalui kegiatan sosial ini, sedikit membantu kekurangan darah di PMI,” kata Zainal.

Baca Juga :  Bawaslu Bongkar Paksa APK selama Masa Tenang

Zainal mengatakan, sebenarnya jumlah pendonor tercatat dari panitia sebanyak 110 orang, hanya saja yang dinyatakan lolos untuk melaksanakan donor darah dari petugas Palang Merah Indonesia (PMI) hanya 92 orang karena memenuhi persyaratan yang wajib dipenuhi.

“Ini luar biasa, kita bisa mengumpulkan puluhan kantong darah dari berbagai golongan darah. Total dari keseluruhan yang mendonorkan darahnya yakni 50 orang dari Yonif Raider 631/ATG dan sisanya masyarakat umum,. Andai saja semua bisa mendonor, maka bisa dapat 110 kantong darah,” sebut Zainal.

Zainal menekankan, kegiatan donor darah seperti ini tentunya akan dilaksanakan kembali oleh PWI Kalteng yang mana direncanakan pada Maret 2024. Terkait tanggal berapa dan lokasinya dimana tentunya nanti akan pengurus PWI akan memberikan kabar kepada masyarakat luas, sehingga bagi mereka yang semula gagal melaksanakan donor darah bisa kembali mendonorkan darahnya untuk masyarakat yang memerlukan.



Pos terkait