Perkuat Sistem Pertahanan Laut, TNI AL Bakal Bangun Pangkalan di Kumai

pangkalan TNI AL
KUNJUNGAN: Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan. (Sulistyo/Radar Sampit)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Guna memperkuat sistem pertahanan dan keamanan laut, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut bakal membangun markas komando Pangkalan TNI AL di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat. Hal itu ditegaskan oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, Rabu (6/9/2023).

“Semoga rencana pembangunan Markas Komando Lanal pada tahun 2024 ini dapat terealisasi,” ujar Agus.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Mako Lanal dengan tipe D tersebut bakal dibangun di atas tanah hibah dari Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat di Desa Batu Belaman, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat. Dengan adanya lokasi tersebut,   pembangunan Lanal sudah siap dilaksanakan sehingga tahun 2024 Lanal Kobar sudah terbentuk.

“Pemerintah daerah sudah menyiapkan tanah hibah, memang persiapannya sudah ada namun infrastruktur ini perlu ada pematangan lahan lebih lanjut sehingga diharapkan tahun 2024 Lanal Kotawaringin Barat sudah terwujud,” ucap dia.

Baca Juga :  Beri Kenyamanan Lebih Bagi Calon Penumpang, Fasilitas Pelabuhan Panglima Utar akan Ditingkatkan

Kotawaringin Barat akan menjadi kabupaten paling lengkap pertahanannya, apalagi sudah ada TNI Angkatan Darat dan TNI Angkatan Udara.

Danlanal menambahkan, keputusan perubahan dan pengembangan organisasi Angkatan Laut dari Pos Angkatan Laut (Posal) menjadi Lanal di Kotawaringin Barat sudah ditetapkan sejak tahun tahun 2022 oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal). Namun terkendala oleh Covid.

Danlanal mengatakan Mako Lanal yang dibangun ini nantinya dijadikan tempat persinggahan kapal-kapal perang milik TNI AL baik dalam melakukan bekal ulang (bekul) bahan bakar, air tawar, dan bahan makanan saat melakukan patroli.

“Ini penting karena nanti akan menjadi tempat singgah kapal-kapal yang melaksanakan patroli di sekitar perairan Laut Kumai dan pengamanan ALKI (alur laut kepulauan Indonesia),” jelas Danlanal Kolonel Laut (P) Agus Setyawan.

Sementara Pj. Bupati Kobar Budi Santosa yang diwakili oleh Asisten 1 Tengku Ali Syahbana berharap dengan adanya Mako Lanal Kotawaringin Barat, nantinya putra daerah yang ingin menjadi prajurit tidak lagi harus pergi ke Lanal Banjarmasin untuk mendaftar.



Pos terkait