Pilkada Kotim Bakal Jadi Arena Pertarungan Wajah Lama

bakal calon pilkada kotim
TOKOH POLITIK: Sejumlah tokoh yang diprediksi akan maju dalam Pilkada Kotim 2024. (M Faisal/Radar Sampit)

SAMPIT, radarsampit.com – Sosok yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kotim 2024 diprediksi tidak lepas dari wajah lama. Sejumlah tokoh yang pernah bertarung dalam pesta demokrasi sebelumnya, diperkirakan akan kembali berlaga menantang petahana yang kemungkinan besar bakal kembali maju.

Pemerhati politik dan kebijakan publik di Kotim Bambang Nugroho mengatakan, sejumlah figur yang disebut-sebut akan maju merupakan wajah lama dan sudah familiar di masyarakat. Pilkada 2024 merupakan panggung bagi mereka.

Bacaan Lainnya

”Bakal calon pada Pilkada 2024 itu tidak lepas dari nama yang sudah ada itu. Mengacu tradisi politik, nama baru akan kesulitan langsung masuk ke bursa kalau tanpa ada perkenalan satu sampai dua tahun sebelumnya,” kata Bambang, Kamis (22/9).

Bambang memprediksi figur itu akan bermunculan tahun depan. Pergerakan politiknya sudah akan mencuat ke publik, di antaranya melalui spanduk hingga sosialisasi pada kelompok masyarakat.

Baca Juga :  Bus Logos Terguling Dua Orang Dikabarkan Meninggal

”Nanti akan kelihatan di awal tahun depan. Apabila muncul kegiatan yang disponsori figur itu, berarti sudah ada tanda-tanda untuk mencalonkan diri,” ujarnya.

Dari sederet nama yang muncul (lihat grafis, Red), kata Bambang, yang menarik adalah pasangan Halikinnor-Irawati. Pasangan petahana itu bisa saja pecah kongsi, karena umumnya pasangan bupati dan wakilnya kerap bercerai saat mencalonkan diri pada periode kedua.

Meski demikian, Bambang menuturkan, PDIP Kotim saat ini sudah dipegang Halikinnor. Artinya, sudah hampir dipastikan PDIP bakal menjagokan petahana kembali pada Pilkada Kotim 2024.

Pos terkait