Porprov Kalteng di Sampit Bakal Semakin Meriah

Dukung UMKM, Gelar Nur Mentaya Expo 2023

tanam rumpuit satadiom
BARU DITANAM: Bupati Kotim Halikinnor ketika menyirami rumput baru di stadion 29 Nopember Sampit, sebagai persiapan menghadapi Porprov Kalteng 2023. (Dok.Radar Sampit)

SAMPIT, radarsampit.com – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah pada 26 Juli-5 Agustus mendatang akan dimeriahkan hiburan rakyat Nur Mentaya Expo 2023. Kegiatan itu juga sebagai salah upaya mendukung eksistensi pelaku usaha, kecil, dan menengah (UMKM) Kotim.

”Sudah ada 35 pedagang yang mendaftar stan, sedangkan untuk lapak PKL (pedagang kaki lima) juga sudah banyak. Tapi, nanti mau kami hitung dulu berdasarkan kapasitasnya,” kata Ketua Panitia Nur Mentaya Expo 2023 Rahmat Noor, kemarin.

Bacaan Lainnya

Nur Mentaya Expo akan dilaksanakan di Jalan Tjilik Riwut, kawasan objek wisata Terowongan Nur Mentaya. Lokasi tersebut merupakan lahan milik Pemkab Kotim yang dicadangkan untuk pembangunan Kantor Kecamatan Baamang. Lahan yang digunakan berukuran 60×120 meter. Rahmat memperkirakan lokasi itu akan cukup menampung 50 stan dan 40 lapak PKL.

Rahmat berharap kegiatan itu dapat menyemarakkan suasana Porprov XII Kalimantan Tengah. Nur Mentaya Expo akan menjadi alternatif bagi tamu dari luar daerah untuk mengisi waktu luang di sela pelaksanaan Porprov.

Baca Juga :  Hati-Hati Beli Hewan Kurban, Ada Sapi Tak Layak Jual

”Terpenting ini akan menggerakkan roda perekonomian masyarakat, khususnya sektor UMKM. Semoga berdampak positif bagi masyarakat kita,” ujar Rahmat.

Rahmat menegaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Kotim dan Dinas Perhubungan terkait pengamanan, parkir, dan pengaturan lalu lintas. ”Kegiatan dilaksanakan di lahan kosong, bukan di badan jalan. Tapi, tentu kami tetap meminta bantuan dari Polres dan Dinas Perhubungan agar semua tetap berjalan lancar,” ujarnya.

Nur Mentaya Expo diharapkan turut menyemarakkan Porprov dan menjadi alternatif suguhan bagi tamu yang datang dari 13 kabupaten/kota.

Bupati Kotim Halikinnor mengatakan, Nur Mentaya Expo dilaksanakan di kawasan Terowongan Nur Mentaya, karena Stadion 29 November yang biasanya digunakan untuk lokasi expo akan digunakan untuk berbagai cabang olahraga Porprov.

”Kita akan kedatangan tamu sekitar 10.000 orang lebih. Ini bisa jadi hiburan, serta tempat belanja suvenir. Ini kesempatan kita juga membantu UMKM,” kata Halikinnor. (ang/ign)



Pos terkait