Rekreasi Rumah Makan Tepian Pantai Pesisir Sukamara

Sediakan Aneka Seafood hingga Lokasi Swafoto

wisata kuliner
REKREASI: Sejumlah warga saat bersantai di tepian pantai sambil menikmati hidangan rumah makan di tepian pantai. (Fauzi/Radar Sampit)

Kabupaten Sukamara mempunyai garis pantai sekitar 75 kilometer. Garis pantai itu melalui Kecamatan Pantai Lunci dan Kecamatan Jelai. Sepanjang pantai terdapat titik-titik lokasi yang dijadikan tempat rekreasi. Misalnya di Desa Cabang Barat, Kecamatan Pantai Lunci yang kini menjamur rumah makan tepian pantai.

FAUZIANNUR, Sukamara |radarsampit.com

Bacaan Lainnya

PERJALANAN dari Kota Sukamara menuju pesisir pantai Kecamatan Pantai Lunci hanya sekitar 30-40 menit. Kondisi jalan sudah beraspal hingga Desa Cabang Barat, yang banyak dibangun rumah makan di tepi pantainya itu.

Menuju lokasi ada dua jalan; pertama melalui jalan pemukiman di pesisir pantai. Kondisi jalan cukup nyaman namun sebagian belum aspal. Kedua, melalui jalan poros Pantai Lunci-Jelai, kemudian ke pesisir lewat jalan yang tak jauh dari kantor kecamatan.

Lewat jalan poros, jangan khawatir tersesat. Para pemilik rumah makan sudah memasang tanda menuju lokasi. Di lokasi dijumpai banyak rumah makan tepian pantai, sekitar lima tempat.

Baca Juga :  Radar Sampit Dukung Program Pariwisata Kotim

Posisinya juga saling berjejer, sehingga tinggal pilih saja. Masing-masing menawarkan beragam menu makanan seafood. Tempat makan dibangun dengan banyak pondok lesehan. Satu lesehan dapat diisi sekitar 4 hingga 6 orang.

Para pengunjung juga tidak hanya datang dari Sukamara, banyak juga yang datang dari wilayah tetangga. Ada yang datang dari Pangkalan Bun, Lamandau, Palangka Raya, hingga Kalimantan Barat.

Biasanya akhir pekan rumah-rumah makan itu dipadati para pengunjung. Ada yang datang berpasangan, bersama keluarga, maupun rombongan.

“Sabtu dan Minggu biasanya banyak pengunjung. Apalagi libur hari besar, semua rumah makan selalu penuh,” cerita Ipan, salah seorang warga setempat.

Setiap rumah makan selain menyediakan pondok-pondok lesehan, juga menyediakan sarana bermain bagi anak-anak, serta spot berswafoto. Kontur pantai  yang landai juga membuat cukup aman jika ada pengunjung yang bermain air laut.

Namun untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, pengelola rumah makan memasang tanda peringatan agar berhati-hati terhadap hewan berbisa yang berada di dalam air laut.



Pos terkait