Rumah Sakit Sultan Imanuddin Tak Pernah Sepi Pasien DBD  

RSUD Sultan Imanuddin
RUMAH SAKIT: Salah satu lorong di Paviliun Sindur, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Selasa (9/1/2024) (SULISTYO/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Imanuddin Pangkalan Bun disibukkan dengan banyaknya pasien demam berdarah dengue (DBD). Rata-rata setiap hari mereka menangani 30 pasien rawat inap.

Pasien DBD tersebut masuk ke rumah sakit tidak dalam satu waktu, tetapi bertahap. Jumlah tersebut merupakan rata-rata pasien di ruang rawat inap rumah sakit.

Bacaan Lainnya

Wakil Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Hardiono menjelaskan, hingga Selasa 9 Januari 2024, jumlah pasien DBD yang dirawat intensif di RSUD Pangkalan Bun mencapai puluhan orang. “Rata-rata setiap harinya jumlah pasien DBD yang dirawat sejak akhir tahun kemarin mencapai 30 orang, dan masuknya bertahap,” ujarnya.

Jumlah pasien DBD menempati 10 besar tertinggi yang dirawat inap di rumah sakit, dengan rata-rata pasien masih berusia anak-anak atau sekolah dasar. Diperkirakan kasus DBD akan terus meningkat seiring dengan tidak menentunya musim hujan di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Baca Juga :  Ruas Jalan Ini Rusak Parah, Sering Makan Tumbal Laka Tunggal

Untuk mencegah DBD,  masyarakat wajib berperilaku hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dan menggalakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

“Masyarakat tetap waspada, menjaga kebersihan lingkungan, menguburkan barang bekas, menguras penampung air, dan memberantas sarang nyamuk,” pungkasnya. (tyo/yit)

 



Pos terkait