Sambut Tahun Baru 1 Muharram dengan Syukuran

5 utama
SYUKURAN: Puluhan petani sayur di Mendawai menggelar syukuran menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah, Rabu (18/7/2023). (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Mengawali tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, puluhan petani sayur di Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Barat, menggelar syukuran pada Rabu (19/7).

Syukuran secara sederhana itu dilaksanakan di areal pertanian sayur dan dihadiri sejumlah pemuka agama, tokoh masyarakat, petugas pertanian lapangan (PPL) dan ketua RT.

Bacaan Lainnya

Salah seorang petani sekaligus pemuka agama di Kelurahan Mendawai Agus Mukmin mengatakan, acara tersebut dilakukan untuk mengawali tahun baru Hijriah. Kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa atas hasil panen sayur selama ini.

“Kita sama-sama berdoa semoga ke depan diberikan hasil panen yang melimpah oleh Allah SWT serta dijauhkan dari segala musibah dan marabahaya,” ucap Agus Mukmin.

Masing-masing warga membawa bekal makanan dari rumah masing-masing, lengkap dengan lauk seperti sayur, tahu, tempe, ayam dan lain-lain. Selesai acara, para petani bersama warga lainnya makan bersama. Tradisi ini menjadi kegiatan rutin setiap tahun. (tyo/yit)

Baca Juga :  Klinik Bisnis Akan Perluas Jangkauan Pembinaan UMKM

 

Pos terkait