Setelah Harga Cabai Normal, Giliran Sawi Jual Mahal

Penjual Mie Ayam Terpaksa Pakai Sawi Putih untuk Pelengkap

lombok
HARGA: Penjualan lombok rawit di Pasar Al Kamal yang mulai berangsur stabil, Jumat (3/5/2024). (HENY/RADARSAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Penjualan lombok rawit di Pasar Tradisional Kota Sampit berangsur-angsur stabil. Kabar itu disambut senang pelaku usaha dan pecinta makanan pedas.

“Lombok rawit (harga) aman, enggak khawatir pelanggan ngambil banyak atau sedikit, harga (bakso) tetap sama. Yang bikin ketar-ketir ini harga sawi, sudah beberapa minggu ini mencapai Rp 40 ribu per ikat,” ucap Lestari, pedagang bakso dan mie ayam di Jalan Sukabumi, Sabtu (4/5/2024).

Bacaan Lainnya

Harga sawi yang naik dua kali lipat membuatnya harus mengakali dengan menggunakan irisan kol sebagai pelengkap untuk bakso. Sedangkan mie ayam terpaksa menggunakan sawi putih.

“Harga yang biasa Rp 18 ribu – Rp 20 ribu per ikat, sekarang Rp 40 ribu per ikat, enggak turun-turun harganya. Daun bawang dan seledri juga mahal sekali, padahal itu yang bikin harum bakso, terpaksa enggak pakai. Mau tetap dibeli, enggak sesuai dengan harganya. Sementara, harga bakso seporsi tetap Rp 12 ribu per mangkuk, enggak berani saya naikkan. Lebih berat naikkan harga, jadi harga tetap dipertahankan segitu,” katanya.

Baca Juga :  Dituding Maling Sawit, Warga Sebabi Tembak Satpam Pakai Senapan Angin

Awan, pencinta lombok rawit, mengaku senang penjualan harga lombok kini sudah stabil.

“Sebelum Ramadan harga sampai tembus Rp 100 ribu, cuma beli seperempat. Alhamdulillah, harga sudah turun jadi Rp 38 ribu – Rp 40 ribu, jadi sanggup membeli sekilogram,” kata pecinta lombok yang selalu makan ditemani tambahan sambal.

Sementara itu, Dewi, pedagang lombok rawit di Pasar Al Kamal menyebut harga lombok sudah berangsur-angsur stabil selama sebulan ini.

“Sekitar sebulan dari awal April harga dari Rp 100 ribu turun Rp 75 ribu, turun Rp 48 ribu, Rp 45 ribu, Rp 40 ribu dan sudah empat hari ini bertahan diharga Rp  38 ribu per kilogram,” kata Dewi, Jumat (3/5/2024).

Sedangkan, lombok merah besar dijual Rp 55 ribu dan lombok merah kriting Rp 37 ribu. “Lombok besar dan lombok kriting juga lagi murah ini,biasanya mencapai Rp 70 ribu juga,” katanya.

Sementara, harga bawang merah mengalami kenaikan dari Rp 40 ribu per kilogram menjadi Rp 45 ribu, bawang putih tetap Rp 38-40 ribu per kilogram.



Pos terkait