Teluk Sampit Bersiap Hadapi Libur Lebaran, Pengunjung Diperkirakan Capai 10 Ribu Orang

siapkan posko
POSKO: Camat Teluk Sampit Dedi Purwanoto meninjau pembangunan Posko Pantau Ketupat Telabang di wilayah Desa Ujung Pandaran, Rabu (12/4). (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mulai bersiap menghadapi lonjakan pengunjung saat momen libur Lebaran 1444 Hijriah. Pasalnya, terdapat sejumlah objek wisata andalan di wilayah tersebut.

Camat Teluk Sampit Dedi Purwanto mengatakan, pihaknya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dan seluruh kepala desa di wilayah itu, pada Rabu (12/4) lalu telah menggelar rapat koordinasi dalam rangka persiapan menghadapi libur Lebaran.

Bacaan Lainnya

”Sesuai dengan instruksi Bupati Kotim, kami segera melakukan rapat koordinasi untuk persiapan libur panjang Lebaran 1444 Hijriah di objek wisata Ujung Pandaran,” kata Dedi, Kamis (13/4).

Dedi menuturkan, menghadapi libur panjang Lebaran, banyak hal yang dipersiapkan pihaknya. Misalnya, menyiapkan pos keamanan, pos kesehatan, dan patroli pantai dengan komunitas trail Teluk Sampit.

”Posko sudah mulai digarap dan didirikan. Setelah rapat koordinasi kemarin, kami langsung melanjutkan dengan kegiatan membangun Posko Pantau Ketupat Telabang di wilayah Desa Ujung Pandaran. Saat ini pos pantau sudah disiapkan dan sudah mau diaktifkan,” jelasnya.

Baca Juga :  Pelindo III Sampit Peduli Korban Banjir

Sementara itu, untuk patroli di perairan, akan dilakukan Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud). Pihaknya juga meminta pengelola agar menyiapkan tawas. Hal itu sebagai antisipasi awal jika pengunjung ada yang tersengat ubur-ubur.

”Tempat wisata di kelola masing pemilik vila untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung yang berlibur,” katanya.

Dedi melanjutkan, tempat wisata di Teluk Sampit ada sekitar tujuh lokasi yang aktif, di antaranya Home Stay Amamas, Vila Pantai Tebing Kalap, Pantai Vila, Pantai Jodoh Kalap, Vila Bintang Yusuf Puri, Vila Tes, Villa Pandaran JJ, Vila Kaganangan, dan Camp Kobes.

”Selain Pantai Ujung Pandaran dan vila, juga ada tempat wisata Air Terjun Merah dan wisata religi makam, yang diperkirakan tahun ini akan ramai pengunjung,” ujarnya.

Tahun ini pengunjung yang berlibur di kawasan objek wisata Ujung Pandaran dan objek wisata lainnya di wilayah Teluk Sampit diprediksi mencapai sekitar 10 ribu pengunjung. (yn/ign)

Pos terkait