Tercium Aroma Bensin sebelum Ledakan Kilang Pertamina Balongan

Ledakan Kilang Pertamina Balongan
TERBAKAR: Foto udara kepulan asap hitam akibat kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3). Akibat kebakaran tersebut, sedikitnya 20 orang terluka dan 500 warga yang tinggal di dekat lokasi terpaksa mengungsi.(SALMAN TOYIBI/JAWA POS)

Ratusan Warga Mengungsi, Puluhan Orang Terluka 

JAKARTA –  ’’Allahu Akbar, Allahu Akbar…Astaghfirullah..!! Pertamina kebakaran, Pertamina meledak.’’ Teriakan panik itu terdengar berkali-kali saat kilang Pertamina RU VI Balongan terbakar Senin (29/3) sekitar pukul 01.00. Warga yang tinggal di dekat lokasi kebakaran berlarian menyelamatkan diri. Suasana dini hari itu begitu mencekam.

Bacaan Lainnya

Kepanikan saat kebakaran terekam dalam video yang beredar di media sosial (medsos). Api tampak membubung tinggi. Saking besarnya api, langit di Balongan tampak memerah. Hingga kemarin, penyebab kebakaran belum diketahui. Meski demikian, beberapa jam sebelum kebakaran, warga sekitar mencium bau bensin yang sangat menyengat. Aroma tak mengenakkan itu masuk ke rumah-rumah warga Desa Sukaurip. Warga menduga terjadi kebocoran di kilang Pertamina Balongan.

Sekitar pukul 22.00, puluhan warga bergegas menuju Kantor Humas Pertamina RU VI Balongan. Mereka hendak memprotes bau BBM yang mengganggu pernapasan itu. ’’Bau apa ini? Bensin Pertamina. Dari pihak Pertamina mana? Nggak ada ini. Mau diviralin? Penanganannya lambat ini,’’ sebut warga dalam video yang beredar. Nah, sekitar satu jam setelah aksi warga itulah, terjadi ledakan dan kebakaran.

Baca Juga :  Sumbangan Swasta Bakal Ditarik lagi

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun, 20 orang dikabarkan mengalami luka-luka. Sekitar 200 warga yang tinggal di dekat kilang Pertamina terpaksa mengungsi ke Pendapa Kabupaten Indramayu. Ada juga sekitar 400 orang yang mengungsi ke Islamic Center Indramayu. Lalu, 350 orang memilih tinggal sementara di area GOR Perumahan Bumi Patra. Pertamina dan Pemda Indramayu menyuplai kebutuhan logistik untuk pengungsi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.