Waspada Pecandu Kendalikan Pesawat dari Bandara Tjilik Riwut, Pilot dan Pramugari Diwajibkan Tes Urine

tes urine pilot pramugari
TES URINE: Anggota BNNP Kalteng melakukan tes urine terhadap pilot dan pramugari di Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, kemarin. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Tengah melakukan tes urine pilot dan pramugari di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya saat hendak berangkat membawa penumpang mudik Lebaran 2023. Selain memberikan rasa aman pada penumpang, hal itu juga untuk mencegah pecandu mengendalikan pesawat yang mengangkut pemudik.

Kepala BNNP Kalteng Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto di Palangka Raya, Kamis, mengatakan pemeriksaan tes urine pilot dan pramugari di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya pada hari Rabu (20/4) pagi untuk pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Bacaan Lainnya
Gowes

”Kegiatan ini sebagai bentuk sinergi antara BNNP Kalteng dan PT. Angkasa Pura II Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan mudik melalui jalur udara,” katanya.

Baca Juga :  WASPADA!!! OTG Lebih Berbahaya Menularkan Covid-19

Dia menuturkan pemeriksaan tes urine dilakukan acak kepada 13 awak pesawat, baik pilot, kopilot, pramugari maupun pramugara dari beberapa maskapai, di mana hasil pemeriksaan sampel urine semua dinyatakan negatif atau tidak ada indikasi penyalahgunaan narkotika.

Ia mengatakan melalui kegiatan tersebut diharapkan para penyelenggara penerbangan secara periodik melakukan tes urine narkotika untuk memberikan kenyamanan dan keamanan penumpang.

“Dengan demikian industri penerbangan di Indonesia bersih dari segala bentuk penyalahgunaan narkotika,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa tujuan pemeriksaan urine para awak pesawat untuk memastikan bahwa seluruh awak pesawat maskapai bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Bahkan, katanya, jangan sampai ada oknum kru pesawat yang terlibat penyalahgunaan narkoba saat terbang dan membawa penumpang yang jumlahnya rata-rata ratusan penumpang pada Lebaran 2023.

”Apabila mereka bebas dari penyalahgunaan narkoba tentunya pemudik yang menggunakan jalur udara nyaman dan aman selama dalam perjalanan pulang ke kampung halamannya masing-masing,” bebernya. (ant)



Pos terkait