6 Cara Ampuh Jaga Stamina Lansia

lansia
Ilustrasi- Tetap Kuat meski Sudah Lanjut Usiam. (zinkevych-freepik)

Radarsampit.com – Setelah memasuki usia 50 tahun, banyak orang merasa energi mereka mulai berkurang. Perubahan stamina adalah bagian alami dari proses penuaan, tetapi hal ini tidak berarti Anda harus pasrah menerima penurunan tersebut.

Faktanya, ada banyak cara untuk mengatasi penurunan energi ini dan tetap merasa bugar serta penuh semangat setiap hari. Dengan beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup, Anda dapat meningkatkan energi dan menjaga produktivitas serta kebahagiaan.

Bacaan Lainnya

Mulai dari meninjau penggunaan obat-obatan hingga menerapkan pola tidur yang lebih baik, langkah-langkah ini bisa membantu Anda menikmati hari-hari dengan lebih bertenaga dan menyenangkan.

Mengutip Live Strong, berikut adalah enam tips yang dapat membantu Anda menjaga dan meningkatkan stamina sebagai lansia:

1. Tinjau Penggunaan Obat-Obatan Anda
Obat-obatan yang Anda konsumsi bisa menyebabkan kelelahan. Konsultasikan dengan dokter untuk meninjau apakah ada obat yang mempengaruhi energi Anda dan cari alternatif yang mungkin.

2. Periksa Kekurangan Nutrisi
Kekurangan nutrisi seperti zat besi, vitamin D, B12, atau seng dapat mengurangi energi. Tes darah bisa membantu mengidentifikasi kekurangan nutrisi, mintalah dokter untuk merekomendasikan suplemen atau perubahan pola makan.

Baca Juga :  Selain Penyedap Masakan, Lengkuas Bermanfaat untuk Kesehatan

3. Tetap Terhidrasi
Dehidrasi sering menyebabkan kelelahan. Minumlah 8-12 cangkir air sehari, pastikan minum lebih banyak jika Anda beraktivitas di luar ruangan atau berolahraga.

4. Sarapan Lebih Bernutrisi
Sarapan dengan buah, sayur, atau biji-bijian dapat memberikan energi cepat. Hindari sarapan tinggi protein dan lemak yang lebih sulit untuk dicerna.

5. Praktikkan Tidur yang Baik
Usahakan tidur 7-9 jam setiap malam dengan rutinitas tidur yang teratur dan aktivitas menenangkan sebelum tidur. Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami masalah tidur.

6. Meditasi
Praktik seperti yoga dan meditasi dapat meningkatkan energi. Mulailah dengan 25 menit per hari untuk merasakan manfaatnya.
Menjaga energi dan vitalitas setelah usia 50 tahun memang memerlukan perhatian khusus terhadap gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari. Langkah-langkah ini tidak hanya akan membantu Anda merasa lebih bertenaga, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.



Pos terkait