Bakal Ada “Terowongan” Cahaya di Dekat Stadion 29 November Sampit

Salah satu cahaya dari PJU di Jalan A Yani Kota Sampit,
Salah satu cahaya dari PJU di Jalan A Yani Kota Sampit, yang baru-baru ini dipasang.(dok.radarsampit)

SAMPIT, RadarSampit.com – Rencana Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) untuk membangun penambahan titik penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Tjilik Riwut akan segera diwujudkan tahun ini. Proyek yang menelan anggaran sebesar Rp 14,8 Miliar ini merupakan salah satu program Harati untuk menerangi setiap sudut gelap Kota Sampit.

Kepala Dinas Perhubungan Kotim Johny Tangkere mengatakan, rencana penambahan titik PJU di Jalan Tjilik Riwut telah diusulkan tahun lalu. Pemkab telah merancang penambahan titik PJU yang dibuat melengkung pada sisi bahu jalan kanan dan kiri yang menyerupai semacam terowongan cahaya sepanjang 2.500 meter mulai dari Bundaran Samekto sampai Stadion 29 Nopember Jalan Tjilik Riwut.

“Saat ini baru selesai proses lelang. Pekerjaan dimenangkan dari PT Inti Mitra Electrindo dengan nilai kontrak Rp 14,8 Miliar,” kata Johny Tangkere saat dijumpai Radar Sampit beberapa waktu lalu.

Mulanya Johny mengatakan pembangunan penambahan titik PJU diusulkan sebesar Rp 15,1 Miliar. Namun, setelah melalui proses lelang anggaran ditetapkan Rp 14,8 Miliar.

“Ini salah satu visi Bupati mewujudkan Kotim terang. Beliau berharap mampu menerangi sudut gelap Kotim. Program Bupati juga sejalan dengan program Pak Jokowi, Indonesia terang,” ujarnya.

Baca Juga :  Ribuan Sapi di Kalteng Akan Disuntik Vaksin

Pembangunan penambahan titik PJU lorong cahaya diharapkan dapat membangkitkan potensi wisata kuliner di Kotim. “Potensi wisata kuliner akan terus dikembangkan. Nanti, disisi luar lorong, bisa diisi dengan stand wisata kuliner. Setiap tiang satu dengan tiang lainnya berjarak 30 meter, di jalur itu semua pasti terlihat terang menderang,” katanya.

Selain itu, Pemkab Kotim akan menambah tiang PJU dari Bundaran Samekto sampai Bundaran Habaring Hurung. “Dari Hotel Wella sampai Bundaran Habaring Hurung akan ditambah PJU dengan desain yang berbeda. Kita berharap siapapun pengendara yang lewat akan merasa mendapatkan cahaya yang cukup khususnya pada malam hari,” ujarnya.

Terpisah, Rian Afriyandi selaku Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Sungai Danau dan Penyeberangan Dishub yang ditunjuk sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) dalam kegiatan pembangunan PJU lorong cahaya di Jalan Tjilik Riwut menambahkan dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan pre construction meeting (PCM).



Pos terkait