Bawaslu Lamandau Lantik 24 Anggota Panwascam Pilkada 2024

panwascam lamandau
RESMI:Suasana prosesi pelantikan anggota Panwascam Se Kabupaten Lamandau, Jumat (24/5/2024).

NANGA BULIK, radarsampit.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamandau melantik 24 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas di 8 Kecamatan pada Pilkada 2024, Jumat (24/5/2024).

Ketua Bawaslu Kabupaten Lamandau Yustedi menjelaskan, pembentukan panwascam dilakukan dengan dua pola rekrutmen. Yakni, rekrutmen Panwascam Existing pemilu 2024 dan peserta baru.”Jadi anggota Panwascam yang dilantik hari ini ada yang existing dan ada yang baru,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Yustedi menjelaskan, proses tahap rekrutmennya juga berbeda, tahapan rekrutmen existing adalah para anggota yang kinerjanya dianggap bagus dan layak untuk menjadi pengawas dalam tahapan Pilkada, baik proses pemilu maupun kampanye.

Setelah dilantik lanjut dia, anggota Panwascam tersebut langsung diberikan pembekalan terkait pengawasan Pilkada Kabupaten Lamandau tahun 2024 hingga tugas dan fungsi panwascam.

Kemudian tambah Yustedi, turun ke wilayahnya masing- masing, untuk berkoordinasi dengan stakeholder yang ada baik dengan camat, kapolsek serta danramil agar tahapan pilkada yang sedang berjalan tidak mengalami kendala.

Baca Juga :  Maling di Lamandau Ini Gasak Motor karena Melihat Kunci Menempel

“Jadi, mereka langsung melakukan pengawasan dalam proses tahapan yang sudah berjalan sekarang ini,” tukasnya.

Dengan dilantiknya para anggota Panwascam, Yustedi berharap Pilkada 2024 di Kabupaten Lamandau bisa berjalan dengan sukses dan lancar.

“Semoga dengan dilantiknya anggota panwascam hari ini mampu menjadi kontrol pengawasan terhadap jalannya Pilkada di Kabupaten Lamandau ke depan,” harapnya.

Ia menegaskan, agar seluruh panwascam yang telah dilantik bisa selalu menjaga integritasnya, karena tantangan dalam pemilukada kali ini cukup besar. (mex/gus)



Pos terkait