Belasan Rumah Warga Pegatan Hilir Luluh Lantak

Api Diduga dari Korsleting Listrik

kebakaran katingan
HANGUS: Kebakaran di Kelurahan Pagatan Hilir, Kecamatan Katingan Kuala, menghanguskan sebelas rumah warga. (Istimewa/Radar Sampit)

KASONGAN, radarsampit.com – Puluhan rumah warga di Kelurahan Pegatan Hilir, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, luluh lantak dilumat api. Kebakaran yang terjadi dini hari tersebut mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah.

Camat Katingan Kuala Hariadi Utomo mengatakan, sekitar sebelas rumah yang terbakar dalam insiden di lingkungan RT 03 tersebut. ”Kejadiannya berlangsung dua jam, sekitar pukul 02.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB,” katanya, Senin (12/6).

Bacaan Lainnya
Gowes

Hariadi menuturkan, dari sebelas rumah yang terbakar, delapan di antaranya rusak parah dan hangus. Rumah tersebut milik Rudi Hartono, Yuliana, Holdi, Ali, Mantin, Harsono, Yahya, dan Nasib. Tiga rumah lainnya rusak ringan, yakni milik Aluh, Bahtiar, dan Sarkawi.

”Diperkirakan api berasal dari korsleting listrik. Namun, kami menunggu hasil penyelidikan dan pemeriksaan dari polsek terkait informasi lebih lanjut,” ujarnya, seraya menambahkan, para korban tak sempat menyelamatkan harta bendanya.

Baca Juga :  Dua Hari Hilang setelah Kecelakaan, Ditemukan Tewas Mengapung di Sungai Katingan

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Katingan Pimanto mengatakan, kebakaran tersebut menjadi pembelajaran bagi semua pihak agar bisa memperhatikan kondisi listrik yang ada di rumah. Hal tersebut akan jadi evaluasi ke depannya.

”Api dapat dipadamkan sekitar pukul 04.30 WIB. Pemadaman dilakukan anggota Pos Damkar Kecamatan Katingan Kuala dibantu TNI, Polsek Katingan Kuala, dan warga setempat dengan alat pemadam yang tersedia,” katanya. (sos/ign)



Pos terkait