Berjaya di Kandang Banteng, Prabowo-Gibran Sementara Kuasai Suara di Kalteng

Gubernur Serukan Rajut Kembali Persatuan

ilustrasi pilpres
ilustrasi

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo-Gibran untuk sementara berjaya di Kalimantan Tengah. Perolehan suara sementara memperlihatkan pasangan itu unggul jauh dari dua pesaingnya, Anies-Muhaimin (1) dan Ganjar Mahfud (3).

Mengacu hasil hitung suara sementara di website resmi KPU RI pada laman https://pemilu2024.kpu.go.id/, Prabowo-Gibran unggul jauh di Kalteng. Sampai pukul 20.45 WIB tadi malam, total suara masuk dari 589 tempat pemungutan suara (TPS) se-Kalteng dari total 7.830 TPS (7,52 persen).

Bacaan Lainnya

Suara sementara pasangan nomor urut 2 mendominasi di semua kabupaten/kota. Rinciannya, pasangan Prabowo-Gibran meraup 37.997 suara (67,22 %), disusul Anies-Muhaimin dengan 10.586 suara (18,73 %) dan Ganjar-Mahfud dengan 7.945 suara (14,05 %).

Berdasarkan data Pemilu 2019 lalu, Kalteng sejatinya merupakan kandang PDI Perjuangan. Banteng saat itu berjaya dengan perolehan suara 354.331 suara. Hasil itu seirama dengan kemenangan pasangan Joko Widodo-Maaruf Amin yang diusung PDIP dengan meraup 830.948 suara, unggul dari Prabowo-Sandi dengan 537.138 suara.

Baca Juga :  Ke Samarinda Anies Janji Memperbaiki Tata Niaga Kebutuhan Pokok

Unggulnya Prabowo-Gibran yang diusung Gerindra dan sejumlah partai lainnya memperlihatkan figur jadi penentu pemilih untuk menjatuhkan pilihan. Sebagian besar pemilih tak berpedoman pada latar belakang partai yang mengusung.

Secara nasional, berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, pasangan nomor urut 2 Prabowo – Gibran unggul jauh dari dua pesaingnya, Anies – Muhaimin (1) dan Ganjar-Mahfud (3). (Selengkapnya lihat infografis)

Kuatnya Prabowo-Gibran juga diperlihatkan di TPS tempat Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyalurkan hak pilihnya. Pasangan nomor urut 2 itu menang telak dengan 145 suara, disusul Anies-Muhaimin 24 suara, dan Ganjar-Mahfud 38 suara.

”Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 244, suara yang digunakan sebanyak 207 untuk pemilihan presiden dan wakil presiden. Pasangan yang unggul suara di TPS 02 (tempat Sugianto mencoblos) adalah Prabowo-Gibran dengan perolehan suara 145,” kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 02, Irine.



Pos terkait