Bisa Tahan hingga Seminggu, Ini Tips Menyimpan Selada agar Tetap Awet dan Segar

selada
Selada

Lettuce atau selada adalah salah satu jenis sayuran hijau yang populer dan sering digunakan dalam berbagai hidangan, mulai dari salad hingga sandwich. Sayangnya, lettuce cenderung mudah layu dan kehilangan kesegarannya jika tidak disimpan dengan benar. Padahal, selada ini tentunya lebih nikmat jika dikonsumsi saat masih segar dan renyah.

Terdapat tips menyimpan lettuce atau selada agar tetap awet dan segar, bahkan bisa tahan hingga semingguan, simak penjelasannya di bawah ini.

Bacaan Lainnya

Melansir dari akun YouTube Dapur Leony, salah satu cara menyimpan lettuce agar tetap segar dan tahan hingga mingguan adalah bungkus selada tanpa di cuci dengan akarnya menggunakan plastik wrap, lalu simpan ke dalam kulkas di bagian bawah.

Cara kedua adalah potong bagian selada yang busuk, lalu cuci bagian luar saja agar tidak terlalu basah. Jika sudah, potong lettuce dan sortir bagian-bagian yang jelek atau layu. Lap dengan tisu sampai kering dan masukkan ke wadah plastik serta tutup. Simpan dalam kulkas, usahakan di posisi bagian luar kulkas.

Baca Juga :  Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja, BPJS Ketenagakerjaan dan BSI Sampit Jalin Kerjasama

Melansir dari YouTube ashant Channel, cara menyimpan selada selanjutnya adalah dengan cuci selada terlebih dahulu, potong bagian bonggolnya, siapkan kain yang bersih dan tap-tap untuk di keringkan, bisa menggunakan tisu. Masukkan selada ke dalam wadah plastik, tidak perlu ditutup, lalu taruh di kulkas, dan setiap tiga hari sekali, siram dengan air bersih.

Tips selanjutnya, cuci selada dengan bersih, potong daun selada dari akarnya menggunakan tangan. Siapkan kain bersih, lap selada sampai kering, bisa menggunakan tisu satu per satu.

Lalu, masukkan ke dalam wadah yang di alas dengan tisu, lapisi lagi bagian atasnya dengan tisu, dan tutup, simpan ke dalam kulkas, ini akan membuat selada segar selama beberapa hari. Jangan lupa untuk ganti tisu jika basah setiap tiga hari sekali. (jp)



Pos terkait