Buaya Masuk Kampung, Warga Panarung Geger

PREDATOR : Beberapa hari lalu, warga Desa Panarung, Basarang, Kapuas digegerkan dengan kemunculan buaya dekat pemukiman penduduk. IST/TANGKAPAN LAYAR

KUALA KAPUAS – Warga Desa Panarung Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah digegerkan kemunculan beberapa ekor buaya muara yang masuk dekat pemukiman penduduk selama beberapa hari.

Ketua RT 03 Desa Panarung Rusdianur mengatakan, buaya mulai terlihat pada Senin (10/1), dan kembali muncul pada Selasa (11/1) malam. Warga yang melihat langsung mengabadikan dengan kamera video telepon seluler,

“Hari pertama seekor buaya muncul dan dilihat warga pada pukul 16.00 WIB Senin (10/1) sore, berikutnya muncul lagi sekitar pukul 18.00 WIB sekitar 100 meter dari pemukiman warga. Awalnya tidak tahu itu buaya, sewaktu disorot pakai senter, ternyata memang buaya,” kata Rusdianur, Kamis (13/1).

Rusdianur menambahkan, penampakan buaya nyaris memakan korban, karena salah satu warga hampir diterkam oleh predator itu, tapi beruntung bisa dihalau warga dan buaya langsung pergi.

“Kalau dilihat dari ukurannya tidak panjang tapi besar, satu warga pun nyaris menjadi korban, karena kakinya hampir diterkam buaya, beruntung ada warga lainnya yang mengusir hingga buaya itu pergi. Ada buaya ukuran kecil tapi panjang sekitar dua meter sampai ekor,” terangnya.

Khawatir buaya memakan korban, warga pun langsung melaporkan kemunculan buaya ke Polsek Basarang.

Terpisah, Kapolsek Basarang IPDA Suroto membenarkan bahwa pihaknya menerima laporan kemunculan buaya.

“Kemunculan buaya bukan di daerah pemungkiman warga, namun muncul di hutan yang tidak jauh dari pemungkiman warga, hutan ini untuk proyek food estate. Kami mengimbau warga untuk lebih waspada. Kemunculan buaya ini sudah kami laporkan ke BKSDA Kalteng,” tandasnya. (der/fm)

Pos terkait