Cara Unik Gabungan Komunitas Berbagi Hewan Kurban

Bikin Terobosan Ramah Lingkungan

komunitas kita berbagi
BERBAGI DAGING KURBAN: Kolaborasi Komunitas Gabungan membagikan hewan kurban kepada masyarakat dengan menggunakan tempat dari pohon pisang, belum lama ini. (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

Komunitas KITA Berbagi di Kota Pangkalan Bun mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapaiannya pada 2020 dan 2021 lalu. Tahun lalu, komunitas itu mencatatkan rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban seluruh Indonesia.

RadarSampit.com – KOKO SULISTYO, Pangkalan Bun

Bacaan Lainnya

Berbagai komunitas di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan aksi sosial dengan berbagi hewan kurban ke sejumlah wilayah di Bumi Marunting Batu Aji.

Uniknya, bila biasanya berbagi hewan kurban menggunakan tempat dari plastik, namun gabungan komunitas ini membuat terobosan dengan menggunakan tempat daging yang ramah lingkungan, yaitu dengan memanfaatkan pohon pisang atau dikenal dengan gedebog pisang.

Hewan kurban berupa tiga ekor kambing tersebut dibagi menjadi 90 paket daging dan dibagikan langsung kepada warga sekitar home base dari komunitas yang tergabung dalam aksi sosial tersebut.

Baca Juga :  Komunitas Kucing Sterilisasi Kucing Jantan

Kegiatan berbagi daging kurban yang dikemas dalam aksi sosial bertemakan KITA Berbagi 2022, Bangkit Bersama Menjadi Pemenang diikuti berbagai komunitas seperti Bold Riders yang terdiri dari SMI Pangkalan Bun, Y2NC, YVCI, dan TARABIKA.

Selain itu juga Heppiii Community yang beranggotakan Karang Taruna Bhakti Desa Bumi Harjo, Karang Taruna Putra Rimba Desa Lada Mandala Jaya, Karang Taruna Wira Bhakti Desa Pangkalan Lada, dan Karang Taruna Tunas Inti Desa Pandu Sanjaya. Serta Bonek Kobar Bersatu dari Super Friends.

Alex Yoana Rohman selaku koordinator komunitas menjelaskan, program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) mengusung konsep Gerakan Ramah Lingkungan, karena seluruh komunitas menggunakan wadah nonplastik untuk membungkus paket daging kurban yang akan dibagikan ke masyarakat.

Pos terkait