Dinkes Lamandau Fogging di Kujan dan Merambang  

dinkes lamandau
Dinas Kesehatan Kabupaten Lamandau melakukan fogging atau pengasapan di sejumlah lokasi yang memiliki banyak kasus DBD, yakni Desa Kujan  Kecamatan Bulik dan Desa Merambang Kecamatan Bulik Timur. (istimewa)

NANGA BULIK, radarsampit.com – Kasus demam berdarah dengue (DBD) terus meningkat sejak beberapa bulan terakhir.  Dinas Kesehatan Kabupaten Lamandau melakukan fogging atau pengasapan di sejumlah lokasi yang memiliki banyak kasus DBD, yakni Desa Kujan Kecamatan Bulik dan Desa Merambang Kecamatan Bulik Timur. Fogging dilakukan untuk membunuh nyamuk dewasa pembawa (vektor) penyakit DBD.

“Fogging merupakan metode pengendalian vektor yang efektif dalam memerangi penyebaran penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya pencegahan dan kontrol DBD di Lamandau,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang P2P Dinkes Lamandau dr Pippy.

Bacaan Lainnya

Tindakan fogging merupakan langkah proaktif dalam menjaga kesehatan masyarakat. Selain itu, juga sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar yang dapat terkena dampak dari penyebaran penyakit DBD. “Fogging ini merupakan bagian dari komitmen Dinas Kesehatan Kabupaten Lamandau untuk menjaga kesehatan masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga :  Ngayuh Sepeda dari Kumai demi Gowes Kemerdekaan

Dia tetap berharap agar masyarakat selalu menghindari gigitan nyamuk, menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah penyebaran nyamuk dengan melakukan aksi 3M. “Upaya ini juga diharapkan dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap penyebaran penyakit di dalam lingkungan sekitar,” kata Pippy.

Upaya pencegahan seperti fogging menjadi sangat penting mengingat peningkatan kasus DBD di beberapa wilayah. Diharapkan dengan kegiatan ini, risiko penularan penyakit dapat ditekan dan kesehatan masyarakat dapat terjaga dengan baik. (mex/yit)

 



Pos terkait