Disdik Palangkaraya Ingatkan Pelajar Jaga Kesehatan di Musim Hujan 

society disdik
DINAS: Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya Jayani  melalui Sekretaris Disdik Kota Aprae Vico Ranan bersama Kabid Pembinaan SD Rahmad Winarso saat melakukan kunjungan kerja di salah satu satuan pendidikan di Palangkaraya, belum lama ini. (istimewa)

PALANGKARAYA, radarsampit.com – Dinas Pendidikan kota Palangkaraya menyerukan kepada seluruh pelajar di lingkupnya  agar tetap menerapkan pola hidup bersih di musim hujan ini. Dengan demikian, maka sejumlah penyakit yang kerap muncul saat musim hujan dapat dihindari, terlebih saat ini sekolah menggelar ulangan.

Meski musim penghujan memberikan suasana yang lebih sejuk, namun memiliki tantangan tersendiri khususnya bagi kesehatan tubuh. Beberapa penyakit yang bisa menyerang antara lain flu, batuk pilek, dan lainnya. Termasuk wabah Demam Berdarah Dengue (DBD).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayani  melalui Sekretaris Disdik Kota Aprae Vico Ranan menyampaikan dan mengingatkan kepada pelajar untuk menjaga kesehatannya saat musim hujan. Sebab pada saat kondisi cuaca ekstrem yang melanda daerah setempat juga sedang berlangsung ujian semester sekolah.

“Makanya kami meminta kepada para orang tua peserta didik juga turut memperhatikan terkait kesehatan anaknya. Jangan sampai mereka sakit, apalagi cuaca saat ini sangat tidak bersahabat dan  pelajar juga melaksanakan ujian semester sekolah,”ujarnya, Senin (4/12/2023).

Baca Juga :  Puluhan Rumah Terisolir, Korban Banjir di Palangkaraya Capai Lima Ribu Jiwa

Vico menyarankan agar pelajar berolahraga secara teratur, perbanyak minum air putih, mandi dengan menggunakan sabun antiseptic, dan rajin mencuci tangan. Termasuk mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh, melakukan 3M Plus, berolahraga secara rutin, mencukupi asupan vitamin C dan vitamin D. Kemudian istirahat serta tidur yang cukup.

“Bagi semua peserta didik musim hujan agar tetap menjaga kesehatan, kebersihan asrama, pakaian dan sebagainya juga selalu diperhatikan, hindari main hujan-hujan,” ucapnya.

Selain itu kepada pihak sekolah dirinya juga meminta agar menjaga kebersihan lingkungan. Lantara apabila tidak dijaga rentan memunculkan wabah penyakit. “Salah satunya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang bisa bersarang di botol plastik akibat genangan air, serta selokan-selokan tempat pembuangan limbah sekolah,”tegas Vico.

Ia menambahkan, dalam ujian semester pada Desember ini diharapkan pelajar betul-betul menjaga kesehatan,kurangi aktivitas yang tak jelas selama ujian berlangsung. “Mudah-mudahan jika kalian terapkan dengan baik, Insya Allah badan kita menjadi sehat dan jika badan kita sehat maka akan berdampak pula pada prestasi,”imbuh Vico.



Pos terkait