Dorong Gerakan Pramuka Cegah Kenakalan Remaja

Ketua Majelis Pembimbing Ranting Kecamatan Baamang Adi Candra mendorong agar gerakan Pramuka menjadi motor untuk mencegah kenakalan remaja
PEMUDA: Pelantikan Mabigus Pramuka di SMPN 11 Sampit oleh Camat Baamang Adi Candra, kemarin.

SAMPIT – Ketua Majelis Pembimbing  Ranting Kecamatan Baamang Adi Candra mendorong agar gerakan Pramuka menjadi motor untuk mencegah kenakalan remaja. Hal tersebut disampaikan  camat di sela pelantikan Majelis Pembimbing Gugus Depan 743-744 Sipet Balanga yang berpusat di SMPN 11 Sampit, Jalan  Wengga Metropolitan kemarin.

“Kita tekankan Pramuka menjadi salah satu wadah untuk mencegah dan menangkal persoalan generasi muda, seperti pergaulan bebas, balapan liar, obat-obat terlarang, serta ketergantungan terhadap smartphone. Kami percaya dan yakin Pramuka bisa mengatasinya,” kata Adi Candra.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, dia juga menitipkan pesan kepada seluruh pengurus Mabigus SMPN 11 Sampit untuk konsisten melaksanakan kegiatan kepramukaan. Apalagi saat ini kurikulum mewajibkan Pramuka sebagai bagian dari sistem pendidikan.

“Tolong dilaksanakan sebaik mungkin kegiatan kepramukaan ini sebagai wadah pembentukan karakter dan mental siswa di tengah kondisi zaman yang berubah ke arah  budaya luar,” kata dia.

Baca Juga :  Pesan Agustiar Sabran saat Peringatan Hari Pramuka

Sementara itu, Ketua Mabigus yang dilantik Nelli Suriani Purba mengatakan, pelantikan dirangkai  dengan kegiatan perkemahan satu hari.

“Kegiatan ini juga dirangkai dengan perkemahan satu hari dengan melaksanakan protokol kesehatan dan pembatasan jumlah peserta,” kata Nelli yang juga salah satu guru senior di Kotim ini.

Nelli akan berupaya menjadikan Pramuka sebagai wadah untuk pendidikan dan pengembangan karakter siswa sebagaimana yang sudah tercantum dalam Dasa Darma Pramuka. Hal itulah yang menjadi acuan dalam menghasilan pelajar-pelajar yang berkarakter.

“Tantangan zaman yang sangat kompleks ini akan bisa kita atasi bersama antara sekolah dan orang tua murid dan dibarengi pola pendidikan karakter Pramuka yang sudah teruji dan terbukti ini,” tandasnya. (ang/yit)

Pos terkait