DPMDes Kotim Sebut Pilkades Serentak Masih Dikoordinasikan

aparatur pemerintahan desa se kotim
PERTEMUAN: Jajaran pemerintahan desa yang hadir pada acara peningkatan kapasitas dan penyuluhan anti korupsi bagi aparatur pemerintahan desa dan evaluasi pelaksanaan pengelolaan keuangan TA 2022, Desember lalu. (DOK. YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) masih mengoordinasikan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 77 desa yang tersebar di 15 kecamatan.

”Untuk pelaksanaan Pilkades tahun 2023 ini, kami masih melakukan koordinasi dengan instansi terkait, sehingga pilkades dapat dilaksanakan,” kata Kepala DPMDes Kotim Sutimin.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Sutimin menuturkan, saat pembahasan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kotim tahun 2023, Pemkab Kotim dan eksekutif telah menyetujui anggaran pilkades serentak digelar tahun ini.

”Pemerintah daerah telah menyediakan anggaran untuk pilkades serentak tahun 2023 ini. Anggaran yang sudah disiapkan sekitar Rp4 miliar dan anggaran tersebut telah disepakati bersama DPRD Kotim,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, jika pilkades serentak di 77 desa tersebut dilaksanakan tahun ini, kemungkinan akan dijadwalkan pada September mendatangkan. Dengan demikian, pelaksanaannya sesuai surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.3.5.5/244/SJ tentang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa pada Masa Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Baca Juga :  Bantuan Pasang Listrik Baru Sasar 4.890 Rumah Tangga Miskin di Kotim

”Apabila pilkades serentak dilakukan tahun ini, maka akan dilaksanakan pada bulan September 2023. Sesuai dengan surat Mendagri boleh melakukan Pilkades sebelum 1 November,” jelasnya.

Sementara itu, sesuai amanat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), penyelenggaraan pilkades diharapkan tidak mengganggu tahapan Pemilu yang akan berlangsung tahun depan. (yn/ign)



Pos terkait