Harga Tiket Pesawat Kian Mencekik, Dua Maskapai Batalkan Keberangkatan

bandara haji asan sampit (hgn) 1
SUASANA BANDARA: Sejumlah calon penumpang yang akan check in terbang menuju Surabaya menaiki Pesawat Wings Air di Bandara Haji Asan Sampit, Kamis (29/12). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Mendekati pengujung 2022, jumlah penumpang yang datang dan berangkat melewati Bandara Haji Asan Sampit tak begitu meningkat. Pasalnya, sejak pertengahan Desember hingga pengujung akhir tahun, harga tiket pesawat semakin mencekik.

Selain itu, dua maskapai penerbangan Citilink tak operasional dari awal Desember 2022 sampai Januari 2023. Kemudian, pesawat NAM Air beberapa kali membatalkan jadwal keberangkatan, sehingga hanya ada satu maskapai penerbangan dari Wings Air yang beroperasional setiap hari.

Bacaan Lainnya

Kepala Seksi Pelayanan dan Kerjasama Bandara H Asan Sampit Amat Mukhari melalui staf pengelola informasi bandara Wulan mengatakan, pergerakan kunjungan penumpang yang datang dan berangkat melewati Bandara Haji Asan Sampit mulai meningkat pada 24-27 Desember 2022.

Berdasarkan data On Time Performance (OTP) Bandara Haji Asan Sampit, pada 24 Desember, ada dua maskapai penerbangan yang berangkat, yaitu pesawat NAM Air rute Sampit-Jakarta dengan jumlah penumpang yang datang 119 penumpang dan penumpang berangkat 188 orang. Kemudian, Wings Air rute Sampit-Surabaya mengangkut kedatangan penumpang sebanyak 45 penumpang dan yang berangkat 74 orang.

Baca Juga :  Begini Perkembangan Terakhir Banjir di Trans-Kalimantan

Pada perayaan Natal 25 Desember lalu, jumlah penumpang pesawat Wings Air sebanyak 42 penumpang datang dan 73 penumpang berangkat. Sedangkan NAM Air sebanyak 115 penumpang berangkat dan 120 penumpang datang.

”Peningkatan penumpang sudah mulai terjadi sejak dua minggu terakhir. Semakin meningkat di tanggal 24-27 Desember 2022. Rata-rata total penumpang yang datang 120-164 penumpang dan penumpang yang berangkat di kisaran 133-193 untuk dua layanan pesawat Wings Air dan NAM Air,” kata Wulan, Kamis (29/12).

Di Bandara Haji Asan Sampit tersedia tiga maskapai penerbangan, yakni Wings Air dan Citilink dengan rute Sampit-Surabaya dan NAM Air rute Sampit- Jakarta dengan kapasitas 72 kursi. Namun, pesawat yang beroperasi setiap hari hanya Wings Air dengan jadwal keberangkatan pukul 11.50 WIB.

Pos terkait