Hilang Keseimbangan, Kapal KM Satya Kencana III Karam Di Pelabuhan Kumai

satya kencana
KM Satya Kencana III jurusan Surabaya - Kumai karang di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Rabu (19/10/2022) dini hari.

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – KM Satya Kencana III jurusan Surabaya – Kumai karam di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Rabu (19/10/2022) dini hari.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, karena semua penumpang telah turun terlebih dahulu dan hanya tinggal mengeluarkan kendaraan pribadi dan truk pengangkut sembako. Detik – detik musibah itu tersebar luas di media sosial, terutama di status dan grup-grup WhatsApp.

Bacaan Lainnya

Selain itu informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa kejadian bermula saat bongkar muatan kapal sekitar jam 00.45 WIB. Saat menurunkan kendaaran fuso terjadi ketidakseimbangan kapal sehingga posisi miring ke kiri. Kemudian kapal ditarik tug boat sehingga 1 fuso yang berada di tangga (rumdoor) terjatuh ke sungai.

Akhirnya kapal kembali mengalami ketidakseimbangan sehingga perlahan-lahan tenggelam. Untuk penumpang sekitar 289 jiwa sudah diturunkan dan kendaraan yang sudah diturunkan yakni tiga unit fuso, empat unit mobil, tiga unit truk, empat unit sepeda motor dan kendaraan yang masih berada di dalam kapal antara lain delapan unit Fuso, dua unit mobil, dan satu Fuso terjatuh ke sungai.

Baca Juga :  Penggelap dan Penadah Motor Diringkus

Sementara itu Kepala KSOP Kumai Hary Suyanto membenarkan peristiwa tersebut. Ia menyampaikan bahwa tidak ada korban jiwa, namun ada beberapa kendaraan yang terperangkap di dalam kapal.
“Tidak ada korban jiwa, karena penumpang sudah turun dan tinggal proses bongkar atau menurunkan kendaraan,” ujarnya.

Selanjutnya KSOP Kumai melakukan pelaporan ke KNKT untuk dilakukan investigasi. Setelah proses dari KSOP selesai, pengangkatan kapal dilakukan oleh operator pelayaran sebagai perusahaan pemilik kapal. (tyo/sla)

 

Pos terkait